Tujuan Hidup Sejati

Renungan Keluarga Allah
Senin, 06 Juni 2016

BACAAN HARI INI

Filipi 1:12-26

RHEMA HARI INI

Filipi 1:21 Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan.

Dr. Hugh Moorhead, seorang guru besar filsafat di Universitas Northeastern Illinois, pernah menulis kepada 250 filsuf, ilmuwan, penulis dan cendekiawan terkenal di dunia, dan bertanya kepada mereka, “Apakah makna hidup?” Lalu ia menerbitkan tanggapan mereka dalam sebuah buku. Sebagian orang memberikan tebakan terbaik mereka, sebagian mengakui bahwa mereka baru kali ini membuat suatu tujuan untuk hidup, dan yang lainnya cukup jujur mengatakan bahwa mereka tidak memiliki petunjuk sama sekali.

Memang tidak mudah untuk memahami apa tujuan hidup yang sesungguhnya. Jika kita mencari ke dalam diri kita sendiri atau ke sekeliling kita, maka kita bisa menemukan tujuan hidup yang salah. Namun syukurlah, kita tidak perlu mencari-cari tujuan hidup kita, karena itu sudah dinyatakan oleh Tuhan di dalam Alkitab. Kita bisa melihat pada apa yang telah Tuhan nyatakan tentang kehidupan di dalam Firman-Nya. Cara termudah untuk menemukan tujuan sebuah barang adalah bertanya pada penciptanya. Hal yang sama berlaku untuk menemukan tujuan hidup Anda: tanyakan pada Tuhan yang menciptakan diri Anda.

Tuhan tidak meninggalkan kita di dalam kegelapan untuk bertanya-tanya dan menebak tujuan hidup kita. Dengan jelas Dia telah menyatakan tujuan kehidupan kita di dalam Alkitab. Alkitab ialah buku panduan kita, yang menjelaskan untuk apa kita hidup di dunia ini, bagaimana kehidupan berjalan, apa yang harus dihindari, dan apa yang bisa terjadi pada masa depan. Alkitab menjelaskan apa yang tidak mungkin dijelaskan oleh buku-buku lain.

Paulus, meskipun sudah terdidik sejak kecil oleh ajaran guru besar Gamaliel, namun baru menemukan tujuan hidupnya yang sejati ketika IA bertemu dengan Tuhan Yesus dan Firman-Nya. Sehingga ia bisa berkata, “Bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan.”

Tuhan bukanlah sekedar titik awal dalam kehidupan Anda; Dialah sumber kehidupan Anda. Untuk menemukan tujuan hidup Anda, Anda harus melihat kepada Firman Tuhan, bukan hikmat dunia. Anda harus membangun kehidupan Anda diatas kebenaran-kebenaran kekal, bukan psikologi umum, motivasi sukses, atau kisah-kisah yang memberi inspirasi. Ketika Anda menemukan tujuan hidup Anda dari Firman Tuhan, maka hidup Anda akan menjadi sebuah kehidupan yang sangat berarti.

RENUNGAN

Menemukan TUJUAN HIDUP yang sejati membuat hidup kita berarti.

APLIKASI

  1. Apakah Anda sudah menemukan tujuan hidup Anda yang sejati?
  2. Bagaimana Anda bisa menemukan tujuan dan makna hidup Anda?
  3. Bagaimana menemukan tujuan hidup mengubah hidup Anda menjadi lebih berarti?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan, Allah pencipta hidup kami. Kami bersyukur karena Engkau telah menyatakan kepada kami apa tujuan sejati dari hidup kami, sehingga kami bisa memiliki hidup yang berarti dan kami bisa mencapai tujuan hidup kami di dalam Engkau. Terimakasih Ya Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Lukas 16-17