Tuntunan Tuhan Itu Nyata

RHEMA HARI INI
Yosua 21:45 Dari segala yang baik yang dijanjikan TUHAN kepada kaum Israel, tidak ada yang tidak dipenuhi; semuanya terpenuhi.

Ada sebuah keluarga yang sangat miskin yang memiliki 4 orang anak. Ayah mereka hanya bekerja sebagai tukang becak dan ibu mereka hanya berjualan makan ringan. Penghasilan bulanan dalam keluarga ini sangat minim sekali, bahkan bisa dikatakan kurang. Untuk makan setiap hari saja mereka harus bekerja dari pagi sampai malam. Namun satu hal yang luarbiasa dalam kehidupan keluarga ini. Di tengah ekonomi yang menghimpit mereka, mereka tetap percaya pada janji Tuhan, mereka percaya Tuhan akan mencukupkan apa yang menjadi setiap kebutuhan mereka. Dan benar saja, tuntunan Tuhan terus dinyatakan. Hampir setiap hari, ada saja seseorang yang memberkati mereka. Suatu kali, anak mereka yang paling sulung akan mengikuti lomba sepak bola di sekolahnya dan jika berhasil maka ia berhakmendapat beasiswa sampai kuliahnya selesai. Namun ternyata anak ini tidak memiliki sepatu bola, ketika ia meminta kepada ayah dan ibunya ternyata mereka juga tidak memiliki uang yang cukup untuk membeli sepatu bola. Padahal jika dipikir, ini adalah kesempatan yang luarbiasa. Keluarga ini tidak mau menyerah pada keadaan, mereka berkumpul berdoa bersama. Mereka percaya bahwa ketika mereka berserah pada Tuhan, mengandalkan Tuhan maka tuntunan Tuhan selalu ada. Luarbiasa Tuhan kita, selang beberapa waktu tiba-tiba ada salah satu langganan becak dari ayahnya datang. Orang itu membawa bungkusan yang di dalamnya berisikan sepatu bola. Orang itu berkata, “Pak saya baru saja membelikan sepatu bola untuk anak saya tapi ternyata kekecilan, tidak tahu kenapa saya ingin memberikan sepatu ini kepada bapak.” Singkat cerita sepatu itu dipakai oleh anaknya dan dalam perlombaan itu anaknya berhasil membawa piala. Anak dari keluarga miskin tadi berhasil sekolah sampai lulus kuliah dan sekarang keluarga ini lebih berkecukupan. Namun mereka tetap terus intim dan mengandalkan Tuhan karena mereka tahu ketika mereka melihat masa lalu mereka sungguh tuntunan Tuhan luarbiasa dalam kehidupan mereka.
Sepanjang tahun 2013 kita sudah belihat bahwa janji Tuhan itu ya dan amin. Di penghujung tahun ini kalau kita merenungkan kembali, luarbiasa sekali Tuhan Allah kita. Tuntunan serta penyertaannya benar-benar Ia nyatakan. Gelombang baru, lawatan baru terjadi dalam gereja maupun seiap kita yang mau percaya. Seperti contohnya keluarga miskin tadi, ketika keluarga ini mau percaya pada janji Tuhan maka penggenapannya mereka rasakan. Ketika mereka sudah berhasil, mereka tahu bahwa penyertaan Tuhan terus ada di setiap keadaan mereka. Demikian pun kita, dulu, sekarang dan selamaNya tuntunan Tuhan selalu dinyatakan saat kita percaya dan berserah kepadaNya.

RENUNGAN
Ketika kita menyerahkan perjalanan hidup kita di tahun 2013 kepada kehendak Tuhan, maka hari ini kita bisa melihat ke belakang betapa TUNTUNAN TUHAN ITU NYATA atas hidup kita!

APLIKASI
1. Renungkan kembali, dalam hal apa saja tuntunan Tuhan dalam hidup Anda selama tahun 2013 ?

2. Renungkan, selama tahun 2013 apa saja janji Tuhan yang telah digenapi dalam hidup Anda ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa dalam nama Yesus, kami bersyukur ketika kami melihat perjalanan hidup kami selama tahun 2013, Engkau selalu menyertai kami dan menuntun hidup kami sehingga kami mengalami anugerah demi anugerah dalam hidup kami. Amin.