Ubah Pikiran dan Emosi Hati

Renungan Keluarga Allah
Jumat, 21 Oktober 2016

BACAAN HARI INI

Filipi 4:2-9

RHEMA HARI INI

Filipi 4:8 Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.

Seorang petani pergi ke sawah dan menanam dua macam benih tanaman yang berbeda. Benih yang pertama dirawat dengan baik; diberi pupuk, disirami dan dibersihkan dari ulat atau belalang yang menempel ataupun rumput-rumput di sekitarnya. Sedangkan benih kedua hanya ditanam biasa; disiram sekali dan dibiarkan begitu saja. Waktu pun berlalu, dua macam benih ini sama-sama tumbuh. Benih yang pertama tumbuh menjadi pohon yang berakar kuat, daunnya lebat dan terlihat adanya beberapa buah yang mulai dihasilkannya. Sedangkan tidak jauh dari sana terlihat ada sebuah pohon yang tampak kering, tidak tinggi dan daunnya dimakan belalang dan ulat, tidak ada bunga atau buah yang dihasilkannya. Itulah benih yang kedua.

Gambaran dua macam benih yang ditanam petani tersebut seperti manusia. Manusia yang tidak memiliki dasar firman yang kuat, hidupnya dipenuhi dengan pikiran-pikiran yang buruk, emosi hati yang tidak baik, ketakutan dan pikiran negatif. Sedangkan manusia yang memiliki dasar firman yang kuat tidak akan mudah tergoyahkan, buahnya pun baik. Ia akan berdiri kokoh mempertahankan kebenaran yang dipegangnya, kebenaran yang sesuai firman Tuhan.

Jangan biarkan pikiran-pikiran negatif membawa kita jatuh ke dalam dosa. Jangan memberikan celah sekecil apa pun kepada iblis. Ketika berbagai pikiran negatif mulai memasuki pikiran kita, segera ubah dengan pikiran-pikiran positif. Minta bantuan Roh Kudus untuk bisa menguasai pikiran kita selalu kudus. Ingatlah pengorbanan Tuhan Yesus di kayu salib kalau kita hampir atau sudah jatuh ke dalam dosa. Ketika pikiran-pikiran itu memenuhi kita, ada suatu perasaan yang lain yang memasuki hidup kita. Perasaan yang kudus, kasih yang murni, dan dedikasi pada Yesus itu yang menguasai pikiran kita.

Begitu pula dengan emosi. Saat iblis menyerang kita dengan emosi yang kotor, segera perangi dengan emosi yang kudus dan murni. Ini akan membangkitkan sebuah TEKAD YANG MEMBARA dalam hati kita untuk hidup kudus bagi Tuhan sehingga kita bisa mengalahkan setiap godaan setan dan hidup dalam terang firman Tuhan. (LEW)

RENUNGAN

Ubah PIKIRAN dan EMOSI HATI untuk dapat mengalahkan kebiasaan tidak baik

APLIKASI

  1. Kebiasaan tidak baik apa yang masih sering Anda lakukan?
  2. Apa komitmen Anda untuk mengalahkan hal tersebut?

DOA UNTUK HARI INI

“Terima kasih Tuhan atas Roh Kudus-Mu yang memampukan kami memerangi setiap godaan pikiran dan emosi hati kami. Ajar kami selalu hidup melekat kepada-Mu dan hidup kudus di hadapan-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Ulangan 21-23