UNTUK MENGHASILKAN BUAH KE ATAS, KITA PERLU BERAKAR KE BAWAH

RHEMA HARI INI

2 Raja-raja 19:30 Dan orang-orang yang terluput di antara kaum Yehuda, yaitu orang-orang yang masih tertinggal, akan berakar pula ke bawah dan menghasilkan buah ke atas.

Buah kurma tentunya tidak asing bagi kita. Selain rasanya yang manis, buah kurma kaya akan vitamin, mineral dan serat. Pohon setinggi 15-25 meter dengan rentangan penuh daun-daunnya mencapai 6-10 meter, memberi keteduhan dari terik matahari. Buahnya telah menjadi makanan pokok di Timur Tengah selama ribuan tahun lamanya. Tetapi keagungan sejati dari pohon kurma terletak di bawah tanah, yaitu pada jaringan akarnya. Akar serabutnya terbagi menjadi akar atas, samping, tengah dan akar dalam. Akar dalamnya bisa menghunjam hingga 12 meter ke dalam bumi. Menjadikan pohon ini sangat kokoh dan bisa bertahan dalam badai serta musim panas yang paling kering sekalipun.

Petani di Timur Tengah menanam biji kurma ke dalam lubang pasir lalu menindihnya dengan batu. Pertumbuhan batangnya memang akan mengalami hambatan, namun justru inilah yang membuat pertumbuhan akar di dalam tanah menjadi maksimal dan kuat. Akar itu akan terus menerobos ke bawah sampai menemukan sumber air. Setelah akar mendapat makanan dan menjadi kuat, biji pohon kurma pun akan tumbuh ke atas dan menggulingkan batu yang menahannya dari atas. Terus naik ke atas dan menghasilkan buah meskipun tumbuh di tanah yang gersang.

Demikian pula kita, untuk bisa menghasilkan buah ke atas, kita harus lebih dahulu berakar ke bawah. Berbagai tantangan dan masalah yang Tuhan ijinkan terjadi dalam hidup kita, seperti batu yang di gunakan untuk menahan biji pohon kurma. Memang terlihat seperti menghambat kita, tetapi yang sebenarnya adalah supaya kita semakin tekun dan sungguh-sungguh berakar di dalam Tuhan. Galilah firman lebih dalam lagi untuk menemukan aliran air kehidupan. Saat kita menemukannya, kekuatan dan nutrisi ilahi, akan mendorong kita tumbuh ke atas dalam kedewasaan rohani dan menggulingkan setiap masalah yang merintangi kita. Hidup kita pun akan menghasilkan buah roh yang lebat dan manis bagi Tuhan dan sesama. (PF)

RENUNGAN

Untuk menghasilkan BUAH KE ATAS, kita harus lebih dulu BERAKAR KE BAWAH.

APLIKASI

1. Apa yang Anda perlukan untuk bisa menghasilkan buah ke atas?
2. Apa artinya berakar ke bawah bagi Anda?
3. Komitmen apa yang Anda buat, supaya akar kerohanian Anda semakin dalam dan kuat?

DOA UNTUK HARI INI

β€œTuhan Yesus, kami mengucap syukur telah Kau tempatkan kami di tempat yang tepat untuk bertumbuh. Kami akan terus bertekun dan tertanam di gereja kami agar mendapatkan makanan rohani yang terbaik. Biarlah akar kami semakin kuat di dalam Engkau sehingga hidup kami ini menghasilkan buah yang lebat dan menyukakan hati-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!