Urapan Memperoleh Kekayaan #1

Audio Kotbah

Video Kotbah

The Power to Get Wealth 1 – Urapan Memperoleh Kekayaan 1
THE COVENANT – PERJANJIAN BERKAT ALLAH

Bulan ini saya ingin membagikan kepada kita semua sebuah rahasia Firman Tuhan yang sangat poweful yang judulnya adalah ‘The Power to Get Wealth’ atau ‘Urapan Untuk Memperoleh Kekayaan’.

Ulangan 8:18

Kita harus mengerti bahwa ada berbagai macam kekuatan yang disediakan Tuhan:

  • Kuasa untuk menjadi anak-anak Allah (yang kita terima ketika kita percaya Yesus).
  • Power untuk menyembuhkan orang sakit dan mengusir setan.
  • Urapan untuk memberitakan Injil, menjadi saksi Kristus, dan menyelematkan jiwa-jiwa yang terhilang. Dst.
  • PLUS ada lagi yang namanya: KEKUATAN UNTUK MEMPEROLEH KEKAYAAN.

Semua jenis power ini bisa kita dapatkan, kalau kita tahu bagaimana mengakses power tersebut. Itu sebabnya selama sebulan ini, kita akan belajar satu jenis power / urapan, yaitu: URAPAN UNTUK MEMPEROLEH KEKAYAAN.

NO POWER, NO VICTORY!
Tidak ada kuasa, tidak ada kemenangan!

BAGAIMANA KITA BISA MENDAPATKAN KEKUATAN UNTUK MEMPEROLEH KEKAYAAN ITU?

Oleh karena itu penting sekali untuk kita belajar rahasia kebenaran Firman Tuhan sehingga kita bisa mengakses ‘Kekuatan Untuk Memperoleh Kekayaan’ yang sudah Tuhan sediakan bagi kita. Begitu power itu bisa kita peroleh, maka kita akan melihat perubahan yang nyata dalam hidup kita. Orang yang mempunyai kekuatan untuk memperoleh kekayaan pasti bisa…

I. MENGERTI ADA PERJANJIAN BERKAT (THE COVENANT OF BLESSING)

Ulangan 8:18 yang tadi kita baca memberitau kita bahwa Tuhan memberi kita kekuatan untuk memperoleh kekayaan dengan maksud meneguhkan PERJANJIAN!!! Ternyata ada yang namanya PERJANJIAN! Perjanjian apa? Perjanjian Berkat! Apa maksudnya?!

Baca Ulangan 28:1-14!!! DI DALAM ALKITAB, ADA PERJANJIAN BERKAT, YAITU PERJANJIAN ANTARA ALLAH DENGAN KITA. Janji adalah inisiatif 1 pihak, sedangkan perjanjian adalah ikatan 2 pihak. Kalau Tuhan berjanji kepada kita, maka Tuhan akan menggenapi janjiNya dalam situasi dan kondisi apapun. DI DALAM PERJANJIAN KITA DENGAN TUHAN, ADA BAGIAN KITA DAN ADA BAGIAN TUHAN.

HANYA DENGAN MENGERTI, MENYETUJUI, DAN MENGIKATKAN DIRI UNTUK HIDUP DI DALAM PERJANJIAN YANG DITAWARKAN TUHAN ITU, MAKA KITA MEMBUAT TUHAN TERIKAT UNTUK MELAKUKAN BAGIANNYA DALAM PERJANJIAN ITU: menyelamatkan, melindungi, menyembuhkan, serta mencurahkan berkat-berkatNya sampai berkelimpahan. Itu sebabnya BUATLAH PERJANJIAN DENGAN TUHAN.

Saya yakin anda pernah mendengar ada orang-orang yang membuat perjanjian dengan Iblis untuk mendapatkan kekayaan melalui berbagai macam ritual; sebagian besar dari mereka tidak pernah mendapatkan apa yang mereka inginkan, sebagian lagi benar-benar menjadi kaya, tapi mereka harus membayar harga yang sangat mahal, termasuk jiwa mereka dan jiwa anak-anak mereka.

Inilah perbedaan membuat perjanjian dengan Tuhan dan dengan Iblis. Di luar Tuhan, anda bisa kaya di bumi, tapi kehilangan keselamatan, dan bahkan hidup penuh dengan susah payah. Tapi kalau anda membuat perjanjian dengan Tuhan, maka anda akan diberkati di bumi diberkati di Surga. Anda akan menikmati BERKAT SUPERNATURAL yang akan membuat hidup anda berbeda…

Dengarkan baik-baik: ORANG-ORANG YANG DIBERKATI DAN DIPAKAI TUHAN SECARA LUARBIASA DI DALAM HIDUPNYA ADALAH ORANG-ORANG YANG BERANI MEMBUAT PERJANJIAN DENGAN TUHAN DI DALAM HIDUPNYA:

Orang-orang yang diberi kehebatan spesial, kemampuan khusus, dan berkat yang istimewa adalah mereka yang berani membuat perjanjian dengan Tuhan. Itu sebabnya hari ini saya ingin menantang Anda untuk membuat deal khusus / perjanjian dengan Tuhan. Jangan membuat perjanjian dengan dunia, apalagi dengan Setan. Buatlah perjanjian dengan Tuhan!

Kesaksian: Pak Obaja pernah buat deal sama Tuhan gara-gara dia punya masalah dengan rambutnya yang terus-menerus rontok tanpa bisa dihentikan. Semua dokter sudah didatangi, paranormal, dukun, dan semuanya sudah dilakoni, akan tetapi rambutnya masih tetap rontok. Dan dalam keputusasaannya itu, seorang teman menceritakan kepadanya bahwa ada Tuhan yang sanggup menyembuhkan segala macam sakit penyakit, namanya adalah Yesus, kalau yang lain sudah dicoba, kenapa tidak mencoba datang minta pertolongan kepada Yesus.

Saat itulah Pak Obaja, yang masih tidak percaya adanya Tuhan, berseru kepada Tuhan: “Yesus, kalau Engkau memang Tuhan, kalau Engkau memang ada, sembuhkan aku, dan aku akan ikut Engkau, aku akan menyembah Engkau!” PAK OBAJA MEMBUAT PERJANJIAN DENGAN TUHAN! Luarbiasanya, esok harinya dia bangun, dia tidak menemukan rambut rontok di bantalnya, padahal biasanya tiap pagi dia bangun, dia akan melihat sangat banyak rambut yang rontok.

Sejak hari itu, rambutnya semakin bertumbuh, dan teman-temannya mulai menyadari itu. Akhirnya mereka bertanya: “Hei, sekarang rambutmu kok bisa banyak, bagaimana ceritanya?” Pak Obaja menjawab: “Oh, saya pergi ke dokter itu, saya pakai obatnya, dan saya sembuh!” Pak Obaja tidak mengakui kesembuhannya dari Tuhan. Herannya, esok harinya ketika dia bangun tidur, dia kaget, karena dia menemukan sangat banyak rambut yang rontok di bantalnya.

Dia segera sadar akan kesalahannya! Dia melanggar perjanjiannya dengan Tuhan! Dan dia minta ampun: “Tuhan Yesus, ampuni aku, beri aku kesempatan lagi, aku akan mengakui bahwa Engkaulah yang menyembuhkan aku!” Memang kali ini tidak langsung berhenti rontoknya seperti pertama kali dulu. Tuhan ingin menguji kesungguhan hati dan pertobatannya. Akan tetapi setelah beberapa saat berlalu, dia mulai melihat bahwa rambutnya berhenti rontok dan mulai bertumbuh dengan baik. Sejak saat itu, Tuhan sudah menyembuhkannya 100%, dan diapun setia terhadap perjanjiannya dengan Tuhan, dia ikut Yesus, bahkan dia membuat Perjanjian Berkat dengan Tuhan. Tidak heran kalau hidup Pak Obaja diberkati dan menjadi berkat dimanapun dia berada.

II. BAGAIMANA CARANYA KITA MEMBUAT PERJANJIAN DENGAN TUHAN?

Dalam Alkitab, ada seorang pria yang berani membuat ‘DEAL’, ‘COVENANT’, ‘PERJANJIAN’ dengan Tuhan. Namanya pada waktu itu adalah ABRAM, tapi kemudian Tuhan merubah namanya menjadi ABRAHAM. Mari kita lihat bagaimana Tuhan membuat perjanjian dengan Abraham!

Baca Kejadian 12:1-3!!!

Dalam perjanjian itu, Tuhan berjanji memberikan berkat anak cucu, berkat keuangan, berkat kemasyuran, dst. kepada Abraham.
1. Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar (berkat anak cucu).
2. Aku akan memberkati engkau (berkat keuangan).
3. Aku akan membuat namamu masyhur (berkat kemasyuran).
4. Engkau akan menjadi berkat.
5. Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat.

Tuhan terikat kepada Abraham untuk melakukan semuanya ini, kalau Abraham setuju untuk masuk dalam perjanjian Tuhan, dan mulai melakukan bagiannya dalam perjanjian itu dengan setia. APA YANG HARUS DILAKUKAN OLEH ABRAHAM?

1. Pergi dari negerinya.

Ini berbicara tentang MENINGGALKAN POLA PIKIR YANG LAMA. Di negerinya, Abraham sudah terbiasa dengan pola pikir orang-orang yang tidak mengenal Allah, falsafah dunia, aturan main dunia (kalau mau sukses, caranya ya harus berani menipu, mencuri, melakukan ini itu yang tidak berkenan di hadapan Tuhan, dst). Dan Allah menantang Abraham, kalau engkau mau membuat perjanjian dengan Aku, maka kamu harus meninggalkan pola pikir yang lama, falasah yang lama, aturan sukses yang lama! Aku akan memberikan kepadamu POLA PIKIR YANG BARU: aturan sukses yang baru, prinsip-prinsip keuangan Alkitabiah, gaya hidup yang baru, hati yang baru, pikiran yang baru!

Dengarkan: KITA TIDAK BISA IKUT PERMAINAN DUNIA, DAN BERHARAP MENERIMA BERKAT DARI TUHAN! KITA TIDAK BISA IKUT PERMAINAN ORANG INDONESIA YANG KOTOR, DAN BERHARAP MENERIMA BERKAT KERAJAAN SURGA! Kalau kita mau menerima berkat dari Tuhan, maka kita harus siap untuk meninggalkan pola pikir negeri kita yang lama, dan mulai belajar pola pikir Kerajaan Allah, prinsip-prinsip hidup diberkati dalam Tuhan, prinsip-prinsip keuangan Alkitabiah.

Kalau Abraham setuju membuat perjanjian dengan Tuhan, maka Abraham harus siap untuk meninggalkan pola pikir yang lama (matematika yang lama, aturan sukses yang lama), dan mulai masuk pada pola pikir Kerajaan Allah (matematikanya Tuhan yang jauh lebih besar daripada matematika manusia bahwa Tuhan sanggup melakukan jauh melebihi yang kita perhitungkan, yang kita perkirakan, dan yang kita pikirkan; Tuhan punya cadang 1001 jalan untuk memberkati hidup kita berlimpah-limpah dan melakukan pelipatgandaan yang dahsyat dalam hidup kita).

2. Pergi dari sanak saudaranya dan dari rumah bapanya.

Ini berbicara tentang MENINGGALKAN SUMBER BERKAT YANG LAMA, dan menjadikan TUHAN SATU-SATUNYA SUMBER BERKAT dalam hidup kita. Biasanya anak akan merasa nyaman ketika ada di dalam keluarganya bersama dengan bapanya dan saudara-saudaranya. Demikian pula Abraham sudah merasa sangat nyaman dengan keluarganya… keluarganya sudah membesarkan dia, melindungi dia, mencukupi dia, membuat dia kaya, dst… ini sudah menjadi sumber berkat dan rasa aman bagi Abraham.

Akan tetapi ternyata, ketika Tuhan menawarkan perjanjianNya dengan Abraham, Tuhan tidak mau Abraham menjadikan apapun dan siapapun sebagai sumber berkatnya. Yang Tuhan mau adalah Abraham harus menjadikan TUHAN SEBAGAI SATU-SATUNYA SUMBER BERKAT di dalam kehidupannya.

Mengapa? Karena sumber berkat yang lain itu TERBATAS, hanya Tuhanlah sumber berkat yang tidak terbatas. Itu sebabnya jadikan Tuhan sumber berkat Anda! Kalau Anda kena PHK, Tuhan bisa memberikan pekerjaan lain yang lebih baik kepada Anda. Kalau anda sempat ditipu orang, maka Tuhan sanggup mengembalikannya berlipat kali ganda, kalau bisnis Anda sekarang berhenti menghasilkan, maka Tuhan bisa buka jalan baru dengan memberikan bisnis yang jauh lebih menghasilkan bagi anda. Jadikan Tuhan sumber pengharapan dan sumber berkat Anda!

Ingat baik-baik: Menjadikan Tuhan sumber berkat dan pengharapan berarti…

3. Pergi ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu.

Ini berarti bahwa kita HIDUP DAN BERJALAN BERSAMA TUHAN SEPENUHNYA. Kita tidak lagi separo-separo mengikuti Tuhan, tapi kita mau TRUST AND OBEY (PERCAYA DAN TAAT) SEPENUHNYA MENGIKUTI PETUNJUK FIRMAN ALLAH dalam hidup kita.

Abraham tidak tahu sepenuhnya apa saja yang Tuhan perintahkan untuk dia perbuat atau kemana Tuhan akan suruh dia untuk pergi. Kalau dia mau buat perjanjian dengan Tuhan, itu berarti dia harus menyerahkan hidupnya sepenuhnya kepada Tuhan. Kalau dia membuat ‘deal’ sama Tuhan, itu berarti dia bersedia untuk taat melakukan apapun… dan pergi kemanapun Tuhan suruh…

Inilah yang namanya HIDUP BERJALAN BERSAMA TUHAN!!! Dengarkan baik-baik: KUALITAS KEHIDUPAN KITA BERSAMA TUHAN AKAN MENENTUKAN KUALITAS BERKAT YANG TUHAN PERCAYAKAN KEPADA KITA.

Ingatlah: QUALITY LIVING WILL BRING QUALITY BLESSING!!! BERKAT SUPERNATURAL SANGAT DITENTUKAN OLEH KUALITAS HIDUP KITA BERSAMA TUHAN. Itu sebabnya BERHENTI PLAYING GAMES DENGAN TUHAN!!! Berhenti main-main dengan Tuhan!

Inilah yang dilakukan Abraham, sampai-sampai dia disebut sebagai BAPA ORANG PERCAYA. Kualitas hidupnya menggetarkan hati Tuhan! Kualitas iman dan ketaatannya sangat hebat! Tidak heran kualitas berkat yang Tuhan berikan kepadanya juga sangat luarbiasa. JANGAN SALAHKAN TUHAN KALAU TUHAN MENGHUJANI ABRAHAM DENGAN BERKAT SAMPAI DIA BASAH KUYUH!!! QUALITY LIVING WITH GOD WILL BRING QUALITY BLESSING!!! Oleh karena itu, hari ini buatlah perjanjian dengan Tuhan untuk hidup berjalan sepenuhnya dengan Tuhan. Itulah KUASA PERJANJIAN!!!

Saya percaya ada orang-orang di tempat ini, yang mulai hari ini berani masuk dan mengikat perjanjian dengan Tuhan.

Setialah dengan perjanjian itu! Apapun yang terjadi, jangan meyimpang ke kanan ataupun ke kiri! Ikutilah Tuhan dengan setia, dengan segenap hati Anda! Maka pada waktunya, Anda akan menuai jika Anda tidak menjadi lemah. Tuhan akan melakukan apa yang sudah dijanjikannya dalam hidup Anda! Orang akan terheran-heran dengan keajaiban-keajaiban yang terjadi dalam hidup Anda! Mujizat akan menjadi bagian hidup sehari-hari! Anda akan diangkat Tuhan melebihi orang-orang disekeliling Anda! Anda akan menjadi umat kesayangan Tuhan: terpuji, ternama dan terhormat!!!