Urapannya Mengangkat Kita Untuk Berkuasa

ReMAKA: Renungan Malam Keluarga Allah

BACAAN HARI INI
2 Samuel 22: 1-51

RHEMA HARI INI
2 Samuel 22:44 Dan Engkau meluputkan aku dari perbantahan bangsaku; Engkau memelihara aku sebagai kepala atas bangsa-bangsa; bangsa yang tidak kukenal menjadi hambaku;

Bapak dan Ibu Kustomo sangat mengandalkan Tuhan dalam hidup keluarganya. Mereka berdua tekun berdoa di Pondok Daud dan ikut melayani di Ibaja. Sewaktu ada perintah untuk melakukan janji iman, mereka melakukan dengan setia. Minggu kemarin mereka mendapat kabar istimewa. Anak mereka yang bernama Edo, yang sudah tujuh bulan berlayar di Amerika, terpilih menjadi karyawan terbaik untuk bulan Februari. Edo berhasil terpilih menjadi yang terbaik di antara karyawan lain yang lebih senior. Karena prestasi tersebut Edo mendapat bonus uang dari perusahaannya. Bapak dan Ibu Kustomo sangat terkejut ketika tahu jumlah bonus yang diterima, angkanya ternyata sama dengan janji iman yang pernah mereka tuliskan. Rasa syukur mereka semakin melimpah karena angka yang ditulis pada janji iman ukurannya rupiah, tetapi Tuhan ternyata kemudian memberikan anugerah dalam US dollar. Angkanya sama, tapi ukurannya US dollar.

Kehidupan keluarga Bapak Kustomo mengalami Mujizat Besar. Mereka telah mengalami percepatan dan menerima urapan serta penggenapan janji Tuhan. Sungguh benar bahwa orang yang sungguh-sungguh mencintai dan mengandalkan Tuhan pasti akan mendapatkan mujizat besar. Sama seperti kisah di dalam 2 Samuel 22, Daud sangat bersyukur karena Tuhan telah memberikan kepadanya urapan untuk menjadi orang besar yang sangat berkuasa. Urapan itulah yang membuatnya naik level, dari penggembala dua tiga ekor domba diangkat menjadi gembala raja atas seluruh bangsa Israel. Urapan itu pula yang membuat banyak bangsa takluk kepadanya. Daud menjadi begitu kuat, pengaruhnya sangat besar, dan membuatnya menjadi kepala atas bangsa-bangsa.

Percayakah Anda bahwa Tuhan sangat rindu untuk selalu memberkati Saudara? Percayakah Anda bahwa sekaranglah waktunya Tuhan akan mulai sangat memberkati Anda? Inilah waktunya Tuhan akan membuat nama Anda dikenal bukan hanya di kota, tapi juga di bangsa, bahkan bangsa-bangsa. Inilah waktunya Tuhan akan selalu menyertai Anda, sehingga setiap gebrakan yang Anda buat akan menggentarkan sekeliling Anda. Mulai sekarang wilayah demi wilayah akan Anda taklukkan, kota demi kota akan Anda kuasai, bahkan bangsa demi bangsa akan Anda ambil alih. Saatnya telah tiba dimana Tuhan membuat Anda masuk dalam level dominion yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah pekerjaan dan pelayanan Anda. Rekor-rekor baru akan mulai terjadi, bahkan Tuhan akan membuat kita menjadi kepala atas bangsa-bangsa.

RENUNGAN
Jika kita menerima URAPAN UNTUK BERKUASA, Tuhan akan MENGANGKAT kita menjadi KEPALA ATAS BANGSA-BANGSA.

APLIKASI
1. Renungkanlah pergumulan-pergumulan Anda saat ini!
2. Berdoalah agar Tuhan mencurahkan urapanNya agar kita memiliki kuasa untuk mendapatkan kemenangan!
3. Ambilah komitmen dan berjanjilah kepada Tuhan bahwa setiap kemenangan yang Anda raih akan Anda persembahkan kepada Tuhan untuk menjadi saluran berkat dan menjangkau jiwa-jiwa baru bagi Tuhan!

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami bersyukur karena Engkau selalu rindu untuk memberikan yang terbaik kepada kami. Berikanlah kami urapanMu supaya kami bisa melakukan yang terbaik dan mendapatkan kemenangan.Berikanlah kami hati seperti hatiMu sehingga kami selalu menyadari bahwa setiap kemenangan kami adalah hanya karena anugerahMu dan harus kami gunakan untuk kemuliaanMu. Jadikanlah kami sebagai berkat bagi sesama kami dan pakailah kami untuk menyelamatkan banyak jiwa. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Pentingnya senantiasa membangun persekutuan dengan Tuhan terus-menerus.

Kita tahu bahwa tanpa hubungan yang intim dengan Roh Kudus sebenarnya kita ini kosong. Itu sebabnya gereja kita sangat mendorong bahkan menyediakan fasilitas supaya jemaat bisa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan melalui ReKA (Renungan Keluarga Allah) yang dibagikan kepada setiap jemaat setiap pagi.

Tetapi sebenarnya, untuk sebuah pertumbuhan rohani yang sehat, kuat, serta konsisten, kita tidak cukup hanya bersekutu dengan Tuhan 1x di pagi hari saja, melainkan kita harus melakukannya dengan konsisten, setiap saat bersekutu dengan Tuhan.

Secara jasmani saja, kita bisa saja makan 1x dalam 1 hari, tetapi kekuatan tubuh kita tidak akan bisa maksimal jika dibandingkan dengan kalau kita makan 3x sehari. Demikian juga dalam hal minum obat, kebanyakan obat harus diminum 3x sehari supaya tubuh kita yang sakit bisa segera sembuh. Oleh sebab itu bagaimana mungkin kita bisa berpikir bahwa roh kita bisa kuat kalau kita hanya memberi makan roh kita 1x sehari saja? Kita perlu memberi makan manusia roh kita setidaknya 3x sehari, sama seperti kita memberi makan manusia jasmani kita.

Kita bisa melihat Tuhan Yesus, teladan yang sempurna bagi kita semua. Bagaimana IA terus-menerus membangun hubungan yang intim dengan Bapa-Nya. Pagi-pagi benar, ketika hari masih gelap, Tuhan Yesus sudah duduk diam di bawah kaki Tuhan. Siang hari di tengah-tengah kesibukan-Nya melayani orang-orang yang membutuhkan mujizat-Nya, Tuhan Yesus melepaskan diri dari keramaian dan datang kembali kepada Tuhan. Malam hari, ketika kebanyakan orang sudah tidur, Tuhan Yesus menyediakan waktu khusus untuk bersekutu dengan Tuhan.

Begitu juga dengan kehidupan Daud. Dikatakan di dalam Alkitab bahwa 7x dalam sehari Daud memuji-muji Tuhan. Ini artinya Daud memiliki persekutuan yang konsisten dan terus-menerus dengan Tuhan. Demikian juga dengan Daniel. 3x sehari Daniel berlutut, berdoa, serta memuji Allah. Smith Wigglesworth, hamba Tuhan yang dipakai Tuhan membangkitkan banyak orang mati, berkata ia tidak berdoa lebih dari 15 menit, tetapi ia tidak akan melewatkan 15 menit berlalu tanpa berdoa. Tidak heran jika orang-orang besar yang dipakai Tuhan luar biasa itu memiliki kehidupan roh yang kuat, mantap dan penuh kuasa.

Itulah sebabnya mengapa penting sekali bagi kita untuk terus-menerus membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan. Namun, kendala yang terjadi di banyak kehidupan kita sehari-hari adalah seringkali kita lupa bersekutu dengan Tuhan saat kita sudah disibukkan dengan berbagai macam hal yang harus kita kerjakan sepanjang hari itu. Itu sebabnya saat ini ReKA hadir 3x dalam sehari untuk mengingatkan kita supaya senantiasa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan terus-menerus sepanjang hari. Dengan adanya ReKA setiap pagi, siang, dan malam ini, maka kita akan terus didorong membangun persekutuan yang intim, kuat, dan konsisten dengan Tuhan sehingga manusia roh kita semakin lama akan semakin dibangun dan dikuatkan untuk melakukan hal-hal yang besar bagi kemuliaan Tuhan.