Visi Membawa Kuasa

Renungan Keluarga Allah
Selasa, 20 September 2016

BACAAN HARI INI

Filipi 3:1-16

RHEMA HARI INI

Filipi 3:13b-14 …dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku, dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus.

Rio de Janeiro, Minggu malam, 15 Agustus 2016. Gegap gempita memenuhi udara. Sebuah medali emas olimpiade dimenangkan oleh Wayde van Niekerk, seorang pelari berumur 24 tahun dari Afrika Selatan. Saat itu, Wayde bukan hanya memenangkan medali emas, atau memecahkan rekor kecepatannya sendiri di pertandingan sebelumnya. Namun ia juga berhasil mencetak rekor dunia terbaru untuk pertandingan lari jarak 400 meter.

Dalam suatu wawancara, ia mengatakan bahwa ketika ia mencapai 200 meter pertama, ia menyadari bahwa ia telah meninggalkan para pelari lainnya. Ketika itu juga, ia dapat membayangkan medali emas menjadi miliknya. Hal tersebut memotivasinya untuk terus memacu diri. Fokusnya tetap kepada medali tersebut, bukan kepada pelari lain di belakangnya.

Jika kita melihat sejarah Wayde sebagai seorang pelari, kita akan mengetahui bahwa ia tidak selalu menjadi juara. Terkadang ia menang, terkadang ia juga kalah. Namun kegagalan tidak membuatnya redup, pun kesuksesan tidak membuatnya berpuas diri. Ia terus melatih dirinya, Ia terus berjuang, Ia tetap setia kepada visinya untuk menjadi yang tercepat dalam sejarah dunia lari.

Seharusnya, seperti itu jugalah kita dalam menyikapi impian kita. Kita jangan sekadar bermimpi, tetapi milikilah visi yang jelas. Tanpa visi yang jelas, kita akan mudah terombang-ambing. Sebaliknya, visi yang jelas akan membuat pandangan kita tetap terarah ke depan dan terus berjuang untuk mendapatkannya. Apa pun yang terjadi. Jangan biarkan diri kita terpaku kepada masa lalu, berbagai permasalahan, maupun ketidakmampuan kita. Bersetialah kepada visi yang sudah Tuhan berikan dalam hidup kita. Maka, setiap usaha kita bukanlah suatu gerakan yang sia-sia. Doa kita juga menjadi terarah. Ketika kita berdoa dengan visi dan impian yang jelas di dalam hati kita, kuasa Roh Kudus pun akan bekerja. Dia akan menyatakan karya mujizat-Nya. Bahkan dalam setiap area hidup kita. (MV.L)

RENUNGAN

Visi dan impian mendatangkan KUASA TUHAN pada doa dan usaha kita.

APLIKASI

  1. Menurut Anda, apakah visi itu?
  2. Sudahkah Anda memiliki visi dan impian dalam hidup Anda? Tuliskan!
  3. Apa yang dapat Anda lakukan untuk mengarahkan diri kepada visi Anda?

DOA UNTUK HARI INI

“Terima kasih Tuhan, karena pada hari ini Engkau mengingatkan kami untuk memiliki sebuah visi. Berikan kamu, ya, Bapa, visi yang selaras dengan visi-Mu. Bimbing kami untuk selalu mengarahkan diri kami kepada visi yang Engkau berikan. Agar kami pun dapat melihat kemuliaan-Mu dinyatakan dalam setiap langkah hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Imamat 8-10