Waktunya Untuk Bangkit Menjadi Berkat Dan Terang

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Mazmur 54-56
Roma 3

BACAAN HARI INI

Kisah Para Rasul 26:1-19

RHEMA HARI INI

Kisah Para Rasul 26:16 Tetapi sekarang, bangunlah dan berdirilah. Aku menampakkan diri kepadamu untuk menetapkan engkau menjadi pelayan dan saksi tentang segala sesuatu yang telah kaulihat dari pada-Ku dan tentang apa yang akan Kuperlihatkan kepadamu nanti.

Felonius Gru adalah karakter yang ada dalam film animasi “Despicable Me”. Sebagai penjahat kelas dunia yang terkenal, sejak kecil Gru dididik oleh keluarga penjahat. Salah satu tindak kejahatannya adalah hendak mencuri bulan. Ya, benar, mencuri bulan. Namun, ketika ia menjadi ayah angkat untuk anak-anaknya yang lucu, Margo, Edith, dan si bungsu Agnes, ia pun berubah menjadi sosok yang baik. Bahkan dalam film “Despicable Me 2”, ia bekerjasama dengan agen pemerintahan mengejar dan menangkap salah satu penjahat kelas kakap untuk menyelamatkan dunia. Seseorang bisa saja mengawali hidupnya dengan tidak baik, tetapi di kemudian hari ia bisa juga berubah menjadi orang yang memberikan nilai positif bagi sekelilingnya.

Rasul Paulus pada mulanya adalah seorang pembenci pengikut Kristus. Ia sendiri menyebut dirinya penganiaya jemaat. Sejak kecil ia dididik menurut hukum taurat dan menyebut dirinya orang farisi. Dengan membawa surat kuasa, ia menempuh perjalanan ke Damsyik untuk memburu para pengikut Kristus. Namun, dalam perjalanannya, Tuhan menampakkan diri lewat cahaya yang terang benderang. Sejak saat itu, ia bertobat. Bahkan Tuhan menetapkan Paulus menjadi pelayan dan saksi tentang kemuliaan Tuhan, dan Paulus meresponi mandat Tuhan itu dengan sigap dan taat. Paulus pun berhasil mengambil alih kota demi kota di zamannya. Paulus berhasil bangkit menjadi terang dan berkat, sehingga kota-kota serta bangsa-bangsa dimenangkan bagi Kristus.

Saat ini adalah waktunya Tuhan bagi gereja kita. Tuhan sudah memberikan mandat-Nya agar kita mengambil alih bangsa kita yang tengah diliputi kegelapan. Jangan lagi menunda. Kita harus mempersiapkan diri dan meresponi dengan sebaik-baiknya. Kerjakan bagian kita dengan segenap hati. Ini waktunya kita menjadi terang dan berkat bagi kota kita. Ini saatnya kita mengambil alih kota kita bagi Kristus Yesus. Kerjakan bagian kita, jadi saksi-Nya, jadi berkat bagi orang-orang di sekitar kita, jadi berkat bagi kota kita. Percayalah, Tuhan pun tidak akan tinggal diam. Dia akan mengerjakan bagian-Nya, dan kita akan memenangkan kota serta bangsa kita bagi Kristus.

RENUNGAN

Inilah WAKTUNYA kita menjadi TERANG dan BERKAT bagi kota-kota dan bangsa-bangsa, sehingga mereka bisa DIMENANGKAN BAGI KRISTUS.

APLIKASI

1. Sudahkan Anda bangkit menjadi terang dan berkat? Mengapa demikian?
2. Mengapa Tuhan ingin Anda bangkit menjadi terang dan berkat?
3. Dengan cara seperti apa Anda bisa bangkit menjadi terang dan berkat di mana Tuhan menempatkan Anda?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa yang baik, terima kasih atas terang-Mu yang Kau terbitkan atas hidup kami. Kami tidak ingin menyimpan terang itu bagi diri kami sendiri. Bangkitkan kami, Tuhan, sesuai dengan cara yang Engkau kehendaki, agar kami bisa menjadi alat-Mu yang membawa terang kemuliaan-Mu bagi sekeliling kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”