Waspada Dan Berjaga-Jaga

BACAAN HARI INI
2 Samuel 12:1-25

RHEMA HARI INI
2 Samuel 12:13 Lalu berkatalah Daud kepada Natan: “Aku sudah berdosa kepada TUHAN.” Dan Natan berkata kepada Daud: “TUHAN telah menjauhkan dosamu itu: engkau tidak akan mati.”

“Kasihanilah aku, ya Allah, menurut kasih setia-Mu, hapuskanlah pelanggaranku menurut rahmat-Mu yang besar! Bersihkanlah aku seluruhnya dari kesalahanku, dan tahirkanlah aku dari dosaku! Sebab aku sendiri sadar akan pelanggaranku, aku senantiasa bergumul dengan dosaku … Bersihkanlah aku daripada dosaku dengan hisop, maka aku menjadi tahir, basuhlah aku, maka aku menjadi lebih putih dari salju! Janganlah membuang aku dari hadapan-Mu, dan janganlah mengambil roh-Mu yang kudus dari padaku!”

Tidak ada manusia yang sempurna. Tidak ada manusia yang tidak berdosa, sehebat apapun orang tersebut. Itulah jeritan hati Raja Daud yang ia tuangkan dalam Mazmurnya. Raja Daud yang diurapi dan diangkat Tuhan sedemikian rupa pernah mengalami sebuah titik gelap dalam hidup, yaitu jatuh dalam dosa perzinahan dan pembunuhan.

Dosa adalah salah satu pemadam Api Roh Kudus. Kita sadar bahwa kita punya kelemahan dan disaat lengah kita pun dapat jatuh dalam dosa. Lalu, apa yang harus kita lakukan? Segeralah bertobat! Tuhan mengampuni, mengasihi, dan mengangkat hidup Daud bahkan setelah ia jatuh dalam dosa. Mengapa? Karena Daud segera bertobat setelah ia ditegur oleh Nabi Natan. Bahkan, dengan kerendahan hati Daud memohon agar Roh Tuhan tidak pergi darinya. Mari kita periksa hidup kita. Jangan-jangan tanpa disadari, ada dosa yang kita izinkan masuk dalam hati. Hati-hati dengan keinginan daging, keinginan mata, dan keangkuhan hidup. Selalu waspada, berjaga-jaga, dan terus jaga kekudusan hidup di hadapan Tuhan. Tuhan Yesus memberkati. (ABU)

RENUNGAN
Dosa akan memadamkan api Roh Kudus di dalam kita, itu sebabnya PERKUAT KEWASPADAAN ROHANI Anda dan jagalah hidup terus di dalam kekudusan!

APLIKASI
Apakah masih ada dosa yang tersembunyi dalam hidup Anda ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, terus jaga kami dari godaan dosa. Kami tidak mau Api yang sudah Kau taruh menjadi padam. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Amsal 10-12
Lukas 18:18-43