Wujud Anugerah Dan Kasih Karunia Tuhan

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

2 Samuel 21-22
Lukas 18:24-43

BACAAN HARI INI

Mazmur 20:1-10

RHEMA HARI INI

Mazmur 20:3 Kiranya dikirimkan-Nya bantuan kepadamu dari tempat kudus dan disokong-Nya engkau dari Sion.

Anda pasti tidak asing dengan kisah hidup Daud. Bagaimana ia dilupakan dan dibedakan di masa kecilnya. Dipilih menjadi raja tetapi harus melalui banyak tantangan. Berhadapan dengan Goliat dan menang. Namun Saul iri padanya dan Daud pun dikejar-kejar serta bersembunyi di gua Adulam. Berkali-kali Saul hendak menangkapnya, dan ia hampir celaka di tangan musuh, tetapi herannya, entah bagaimana DAUD SELALU BISA LOLOS, BAHKAN BISA SELALU MENANG ATAS MUSUH-MUSUHNYA. Bahkan Alkitab mencatat, tidak pernah sekali pun Daud maju berperang tanpa kemenangan.

Anda lihat kehidupan Daud? Di satu sisi, begitu banyak kemalangan yang dihadapi olehnya. Namun di sisi lain, TUHAN SELALU MELUPUTKANNYA. Seolah-olah ada ‘tangan tak tampak’ yang mengizinkan semua kesesakan itu terjadi, tetapi kemudian mengubah semua itu menjadi kemenangan bagi Daud. Itulah wujud nyata BACK UP dan DUKUNGAN TUHAN atas hidupnya. Ketika ia ditolak dan dilupakan, Tuhan ada di dekatnya, sehingga ia bisa berkata, “Sekalipun ayahku dan ibuku meninggalkan aku, tetapi Tuhan tidak pernah meninggalkan aku.” Ketika Goliat datang dengan segala ‘kemuliaan manusiawinya’, Daud tidak takut dan tetap percaya diri karena ia tahu kekuatan seperti apa yang menyertainya. Saat ia di gua Adulam, ia bahkan tetap bisa berbuah. Ia menjadi pemimpin bagi banyak jiwa yang butuh dipulihkan, karena ada kekuatan Tuhan yang mem-back up dan memampukannya.

Jika itu terjadi dalam hidup Daud, maka hal yang sama pun pasti bisa terjadi dalam hidup Anda. Memang, hidup dalam Tuhan tidak berarti Anda akan lepas dari tantangan. Justru, melalui tantangan itulah, dukungan ilahi Tuhan akan selalu ada untuk meluputkan, bahkan Anda akan bisa membalikkan keadaan menjadi sebuah kemenangan. Karena itu, bersemangatlah, jangan takut! Anugerah Tuhan yang melimpah menyertai Anda dan siapakah yang akan menjadi lawan Anda jika Tuhan yang bersama dengan Anda? TIDAK ADA!

RENUNGAN

Salah satu WUJUD ANUGERAH dan KASIH KARUNIA TUHAN adalah DUKUNGAN ILAHI dari-Nya.

APLIKASI

1. Dalam kondisi apakah Anda masih belum menyadari bahwa dukungan Tuhan selalu ada bagi Anda?
2. Apa yang Anda lakukan supaya Anda tetap mempercayai bahwa Dia selalu ada bagi Anda?
3. Temukanlah saat-saat dalam hidup Anda, di mana dukungan-Nya nyata bagi Anda dan membawa Anda pada kemenangan. Saksikan kepada minimal dua orang terdekat Anda!

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, terima kasih karena Engkau selalu ada bersama dengan kami dalam setiap peperangan yang harus kami hadapi. Kami percaya kami tidak sendiri. Dukungan-Mu selalu nyata dan kemenangan pasti akan menjadi milik kami, karena jika Engkau yang ada di pihak kami, tidak akan ada yang mampu menjadi lawan kami. Terima kasih Bapa. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”