Yang Membatalkan Perjanjian Berkat

BACAAN HARI INI
2 Raja-Raja 18:1-12

RHEMA HARI INI
2 Raja-Raja 18:12 oleh karena mereka tidak mau mendengarkan suara TUHAN, Allah mereka, dan melanggar perjanjian-Nya, yakni segala yang diperintahkan oleh Musa, hamba TUHAN; mereka tidak mau mendengarkannya dan tidak mau melakukannya.

Dalam sebuah dongeng dari Jepang, diceritakan seorang pemuda yang menolong seekor kura-kura yang dipermainkan oleh sekelompok anak kecil. Kura-kura itu dilemparkan kesana kemari, dengan kejam mereka berusaha mencongkel kepala kura-kura dari cangkangnya dengan sebuah tongkat. Pemuda itu merebut dan menghalau mereka, kemudian membawa kura-kura itu ke pinggir pantai untuk dilepaskan ke laut. Kura-kura itu mengundang si pemuda untuk mengunjungi istananya di dasar laut sebagai tanda terimakasih.

Pemuda itu pun mengikuti kura-kura itu menyelam ke dalam laut. Ia terpesona dengan istana yang dikunjunginya, ia mendapat sambutan yang luar biasa dan menikmati hidangan yang lezat. Namun pemuda itu tidak bisa berlama-lama disana. Kura-kura itu berkata, “Aku sangat berterima kasih untuk pertolonganmu. Bawalah dua kotak ini sebagai hadiah, tetapi berjanjilah, engkau hanya boleh membuka satu kotak saja, sedangkan kotak satunya haruslah engkau buang ketempat yang tidak bisa kau temukan lagi. Kalau engkau setuju, engkau akan mendapatkan kebahagiaan hidup.” Pemuda itu berjanji akan melakukan seperti yang dipesankan kura-kura. Sesampainya di rumah, pemuda itu membuka salah satu kotak dan ia mendapatinya penuh perhiasan emas permata yang tak ternilai harganya. Pemuda itu sangat bersuka cita. Ia teringat janjinya untuk membuang kotak yang satunya lagi, tapi ia berpikir terlalu sayang kalau kotak itu harus dibuang. Tanpa berpikir panjang ia pun membuka kotak kedua, ternyata bukan harta yang ia dapatkan melainkan kotak kosong. Dan akibat melanggar perjanjian yang telah dibuatnya, emas permata di kotak yang pertama pun lenyap tanpa bekas.

Perjanjian adalah kesepakatan antara dua pihak dengan kewajiban masing-masing. Perjanjian akan batal ketika salah satu pihak melanggar atau tidak melakukan kewajibannya. Alkitab mencatat bahwa Tuhan membuat perjanjian dengan bangsa Israel yang diwakili oleh Musa (Keluaran 34:10). Tuhan berkewajiban melakukan perbuatan ajaib bagi bangsa Israel, dan bangsa Israel berkewajiban menjaga hidupnya benar dihadapan Allah. Perjanjian itu juga berlaku bagi kita yang percaya. Jika berkat Tuhan tidak turun atas kita, bukanlah karena Dia ingkar janji, tapi seringkali kita yang tidak melakukan bagian kita sehingga membatalkan perjanjian berkat Tuhan. Hari ini, ambil keputusan untuk sungguh-sungguh melakukan bagian kita dengan benar, belajar setia dengan kewajiban kita untuk bangkit dan menjadi terang. Maka Tuhan yang setia pasti akan memenuhi janji-Nya dan kita akan menikmati berkat-berkat Tuhan yang ajaib di tahun Kemuliaan Tuhan ini.

RENUNGAN
Sering kalinya BERKAT ALLAH TIDAK TURUN atas kita bukan karena Dia ingkar janji, tetapi KITALAH yang MEMBATALKAN PERJANJIAN itu.

APLIKASI
1. Apakah janji Tuhan sudah tergenapi dalam hidup Anda?
2. Jika belum, kewajiban apa yang belum Anda lakukan?
3. Apa komitmen Anda untuk melakukan bagian Anda dalam perjanjian berkat Tuhan?
DOA UNTUK HARI INI
Bapa,ampuni kami yang belum melakukan bagian kami, tetapi kami menuntut Engkau untuk menggenapi janji-Mu. Kami berjanji untuk melakukan kewajiban kami, teguhkan dan kuatkan kami untuk tetap setia menghidupi perjanjian kami dengan-Mu. Terimakasih Bapa, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.