Yang Menyukakan Hati Tuhan dan Menarik Favor-Nya

Renungan Keluarga Allah
Jumat, 20 Januarin 2017

BACAAN HARI INI

Mazmur 126:1-6

RHEMA HARI INI

Mazmur 126:6 Orang yang berjalan maju dengan menangis sambil menabur benih, pasti pulang dengan sorak-sorai sambil membawa berkas-berkasnya.

Marian Anderson bercita-cita untuk menjadi seorang penyanyi konser. Satu keinginan yang sangat sulit karena ia berkulit hitam dan hidup di masa dimana diskriminasi rasial di Amerika masih kental. Namun demikian, ibunya menaruh keyakinan besar kepada Allah. Belakangan Marian berkata, “Keyakinan ibu membuatku percaya bahwa aku akan menerima apa yang pantas kuperoleh jika bertekun dalam imanku. Jika permohonanku belum terkabul, aku beranggapan Tuhan menilai itu tidak baik bagiku. Kami tumbuh dalam iman yang ibu kembangkan.” Ketika Marian mendaftar di sebuah konservatorium dan ditolak karena warna kulitnya, ibu Marian terus mengajaknya berpikir positif. Ibunya berkata bahwa seseorang akan dipakai Tuhan untuk membantu Marian meraih cita-citanya. Orang itu muncul hanya beberapa minggu kemudian. Salah satu guru vokal yang paling dicari, Giuseppe Boghetti, tertarik untuk menerima Marian sebagai muridnya. Setelah itu, Marian Anderson pun menjadi penyanyi Afrika-Amerika pertama yang diakui publik pada pertengahan abad kedua puluh. Pada hari Paskah tahun 1939, ia bernyanyi di hadapan lebih dari 75.000 orang yang berkumpul di Lincoln Memorial dan juga jutaan pendengar radio. Ia menyuguhkan penampilan yang tidak akan pernah dilupakan, baik oleh mereka yang berada di sana, yang membuka radio mereka, maupun sejarah dunia musik. Meski demikan, rasisme di Amerika Serikat terus menantang kemajuan karier dan juga hidupnya. Namun Marian terus mendobrak pembatas yang merintangi pelaku seni di Amerika Serikat.

Apabila kita merindukan keberuntungan, kemujuran, kemurahan dan berkat Tuhan yang melimpah dalam hidup kita, sudah tentu kita harus mempersiapkan diri supaya hadirat Tuhan menetap dalam hidup kita. Jadilah pribadi yang berkenan dan miliki hati yang membuat Tuhan suka tinggal di dalam kita. Kembangkan sikap hidup yang fokus pada hal-hal positif sekalipun banyak perkara negatif yang kita alami. Pikirkanlah semua yang baik, dan bertindak positif sesuai firman-Nya, maka kemurahan Tuhan dan anugerah-Nya akan tertarik ke dalam hidup kita. Hidup kita pun akan penuh dengan favor Tuhan. Amin.

RENUNGAN

Sikap hidup yang fokus pada hal positif MENYUKAKAN HATI TUHAN dan akan MENARIK FAVOR-NYA ke dalam hidup kita

APLIKASI

  1. Sudahkah Anda memiliki sikap hidup yang fokus pada hal yang positif?
  2. Mengapa Tuhan menyukai hidup yang penuh kepositifan?
  3. Apa saja langkah yang dapat Anda ambil untuk hidup positif?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan, kami ingin hidup kami fokus pada hal-hal yang positif. Tuntun kami ya, Tuhan, agar kami dapat selalu melihat kebaikanmu di balik hal-hal negatif dalam hidup kami. Biarlah kami menyukakanmu dengan hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Amsal 25-26