24 April 2023 admin RAKA Joyful

LAHIR BARU [RAKA JOYFUL]

[vc_row][vc_column width=”2/3″][vc_column_text]

Bacaan: Yohanes 3: 1-8

 

Rhema: Yohanes 3:5

Jawab Yesus: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah.

Shalom Sahabat Fligo! Hari ini kita akan belajar tentang arti lahir baru secara Roh untuk menjadi anak Allah. Saat kita berada di dunia, ada dua  macam  kelahiran yang dapat kita ketahui, yang pertama kelahiran  fisik  atau  saat kita terlahir ke dunia sebagai bayi dan yang kedua kelahiran baru secara spiritual. Tetapi masih banyak di antara kita yang belum memahami kelahiran baru secara spiritual ini.

Kelahiran baru secara siritual adalah kelahiran yang dikerjakan oleh Roh Kudus dan memberikan kehidupan baru kepada orang-orang berdosa. Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah (Roma 3:23). Dari ayat ini kita bisa mengetahui bahwa manusia yang terpisah dengan Allah akan mati secara rohani, maka dari itu ia perlu dilahirkan kembali. Kelahiran baru bukan hanya sekedar perubahan, melainkan juga menjadi suatu ciptaan baru. Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang (2 Korintus 5:17).

Pada ayat bacaan kita juga menceritakan seorang Farisi bernama Nikodemus yang bertanya kepada Tuhan Yesus tentang bagaimana yang dimaksud dengan lahir baru. Lalu Tuhan Yesus berkata, lahir baru adalah dengan pecaya dan menerima Tuhan Yesus sebagai Juruselamat baginya. Hanya dengan iman yang percaya kita dapat menerima kasih karunia Allah melalui Roh Kudus. Saat kita menerima karunia kuasa Roh Kudus, maka saat itu juga kita akan terlahir sebagai ciptaan baru menjadi anak Allah. (YOL)

 

Doa hari ini:
Tuhan Yesus, terima kasih atas kasih karunia-Mu yang begitu besar. Tuhan, aku mau mengalami lahir baru dan menjadi anak Allah yang kudus. Penuhi aku dangan Roh Kudus-Mu. Pimpin aku di setiap langkahku. Di dalam nama Tuhan Yesus, aku berdoa. Haleluya. Amin.

 

Bacaan Alkitab setahun: Yesaya 24

 

Pertanyaan hari ini:

  1. Apa yang dimaksud lahir baru secara Roh?
  2. Dengan apa kita bisa mengalami lahir baru?
  3. Dari Firman hari ini, aku belajar tentang:

 

[/vc_column_text][vc_empty_space height=”20px”][/vc_column][vc_column width=”1/3″][vc_single_image image=”57065″ img_size=”full” alignment=”center”][vc_btn title=”Download PDF Aktivitas” shape=”square” color=”warning” align=”center” i_icon_fontawesome=”” button_block=”true” add_icon=”true” link=”url:http%3A%2F%2Ffiles.gbika.org%2FRAKA%2Fjoyful%2Frakajoyful24april2023.pdf|||”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/3″][/vc_column][vc_column width=”1/3″][vc_single_image image=”46869″ img_size=”full” alignment=”center”][/vc_column][vc_column width=”1/3″][/vc_column][/vc_row]