29 April 2023 admin RAKA Joyful

MELAKUKAN YANG BENAR [RAKA JOYFUL]

[vc_row][vc_column width=”2/3″][vc_column_text]

Bacaan: Yohanes 3: 1-21

Rhema: Yohanes 3: 21

tetapi barangsiapa melakukan yang benar, ia datang kepada terang, supaya menjadi nyata, bahwa perbuatan-perbuatannya dilakukan dalam Allah.”

 

Roni baru saja pindah sekolah, ia sangat senang dengan sekolah barunya. Di hari pertama masuk sekolah, seorang teman sekelasnya mengajak Roni untuk jajan di luar sekolah. Awalnya  Roni ragu-ragu sebab ibunya berpesan untuk tidak keluar sekolah tanpa pengawasan dari guru. Selain itu, ibu juga berpesan untuk tidak jajan sembarangan, karena belum tentu bersih dan higienis. Tapi akhirnya Roni mengiyakan ajakan temannya itu sebab pikirnya tidak apa-apa hanya sekali saja.

Tapi hari berganti hari Roni semakin sering jajan di luar sekolah bahkan sering terlambat pulang. Roni tidak lagi menganggap penting nasehat ibunya. Apa yang dikatakan ibunya hanya masuk telinga kanan keluar telinga kiri.

Sampai suatu hari, Roni mendengar ibunya berdoa, “Tuhan, apa yang harus kulakukan agar anakku bisa berubah?” Roni merasa bersalah. Ia menyadari bahwa perbuatannya selama ini sudah membuat ibunya susah. Akhirnya, Roni mendekati ibunya dan meminta maaf. Roni pun mulai berubah, ia tidak lagi mengikuti ajakan teman-temannya. Nah, dari sini, kita harus belajar berani melakukan hal yang benar. Ya, rasanya sulit, ada banyak godaannya. Namun, bukankah lebih baik kita melakukan apa yang benar dari pada kita salah dan harus menanggung resikonya? (R2TAN)

 

Doa hari ini:
Tuhan, ajar kami untuk bisa berani mengatakan tidak untuk semua yang tidak baik. Ajar kami untuk berani belajar melakukan yang benar meski itu sulit. Karena kami tahu, Engkau akan membantu kami. Amin.

Bacaan Alkitab setahun: Yesaya 29

Pertanyaan hari ini:

  1. Kesalahan apa yang dilakukan oleh Roni?
  2. Mengapa kita harus berani melakukan yang benar?
  3. Dari Firman hari ini, aku belajar tentang:

 

[/vc_column_text][vc_empty_space height=”20px”][/vc_column][vc_column width=”1/3″][vc_single_image image=”57071″ img_size=”full” alignment=”center”][vc_btn title=”Download PDF Aktivitas” shape=”square” color=”warning” align=”center” i_icon_fontawesome=”” button_block=”true” add_icon=”true” link=”url:http%3A%2F%2Ffiles.gbika.org%2FRAKA%2Fjoyful%2Frakajoyful29april2023.pdf|||”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/3″][/vc_column][vc_column width=”1/3″][vc_single_image image=”46869″ img_size=”full” alignment=”center”][/vc_column][vc_column width=”1/3″][/vc_column][/vc_row]