15 Februari 2024 Tim Penulis Renungan Renungan Keluarga Allah

MENGHADAPI PERGUMULAN DENGAN KEPALA YANG TEGAK

RHEMA HARI INI
Mazmur 27:6 Maka sekarang tegaklah kepalaku, mengatasi musuhku sekeliling aku; dalam kemah-Nya aku mau mempersembahkan korban dengan sorak-sorai; aku mau menyanyi dan bermazmur bagi TUHAN.

Mazmur 27 menggambarkan perasaan Daud pada saat ia dikejar-kejar oleh Saul. Saat itu ia sangat ketakutan, karena ia merasa bayang-bayang maut sangat dekat. Setiap detik, Saul bisa saja membunuhnya. Daud mengatasi ketakutannya dengan berharap pada perlindungan Allah. Daud sangat tahu ke mana ia harus mengarahkan pandangan dan harapannya. Hanya kepada Tuhan saja ia menyandarkan semua harapannya dan perlindungannya. Ketika ia sudah menyerahkan semua kekuatiran dan ketakutannya kepada Tuhan, maka ia tidak perlu takut lagi. Ia tidak perlu lagi berjalan sambil menundukkan kepala karena gentar. Ia dapat berjalan dengan kepala tegak karena ada Tuhan yang selalu menjadi pelindungnya dan karenanya ia bersorak memuji dan menyembah Tuhan.

Daud menjadi contoh bagaimana seharusnya seorang yang percaya kepada Tuhan ketika menghadapi suatu masalah. Ia tidak lari dari masalah ataupun depresi, tetapi menyerahkannya kepada Tuhan. Ia berjalan dengan kepala yang tegak, karena Tuhan sudah menyelesaikan semuanya. Ia hanya melakukan apa yang menjadi tugasnya yaitu menyembah dan memuji Tuhan.

Setiap kita pasti punya permasalahan. Jika kita ingin menang dalam setiap masalah, maka kita harus belajar menegakkan kepala dan jangan tertunduk lesu. Serahkan semua permasalahan kita kepada Tuhan dan bersiaplah menanti kemenangan yang sudah Tuhan berikan. Percayalah bahwa ada begitu banyak mujizat pelipatgandaan yang Tuhan sediakan bagi kita. Mulai hari ini, mari bangkit dan bersiap meraih kemenangan itu sebab Allah beserta kita. (CG)

RENUNGAN:
JANGAN GENTAR! TEGAKKANLAH KEPALAMU dalam menghadapi segala pergumulan hidup.

APLIKASI
1. Adakah sesuatu yang menjadi pergumulan Anda saat ini?
2. Apa yang Anda lakukan dalam menghadapi pergumulan tersebut ?
3. Mengapa kita harus menyerahkan semua pergumulan kita kepada Tuhan ?

DOA UNTUK HARI INI
Terima kasih Tuhan untuk FirmanMu hari ini. Kami bersyukur memiliki Allah seperti Engkau sehingga kami selalu memiliki pengharapan yang baru di dalam Engkau. Ajar kami untuk selalu mengandalkan Engkau dalam setiap pergumulan kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa, Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Ayub 38-40; Kisah Para Rasul 16:1-21

Anda rindu mengalami pertumbuhan rohani bersama Keluarga Allah