23 Maret 2024 Tim Penulis Renungan Renungan Keluarga Allah

JEHOVA JIREH, TUHAN YANG MENYEDIAKAN

RHEMA HARI INI
Kejadian 22:14 Dan Abraham menamai tempat itu: “TUHAN menyediakan”; sebab itu sampai sekarang dikatakan orang: “Di atas gunung TUHAN, akan disediakan.”

Pada zaman yang belum modern seperti sekarang, terdapat seorang ayah yang tengah sibuk dengan pekerjaannya. Saat itu, ia menerima pesan singkat dari anak-anaknya yang memberitahu bahwa mereka akan pergi ke luar kota. Meskipun sibuk, sang ayah berusaha untuk tetap memantau perkembangan anak-anaknya. Namun, ia merasa heran karena anak-anaknya tidak pamitan terlebih dahulu. Ternyata, akibat dari keputusan ‘tidak pamit’ tersebut, anak-anaknya menghadapi kesulitan. Setelah sampai di bandara, mereka baru menyadari bahwa tak satupun dari mereka membawa uang. Panik, mereka segera menelepon sang ayah, “Pa, tolong segera ke bandara, kami lupa membawa uang!” Sang ayah di sana bertanya tentang jam keberangkatan pesawat. Anak-anaknya menjawab bahwa pesawat akan berangkat dalam 30 menit. Dengan bijak, sang ayah mempertimbangkan dan menjawab, “Jika papa ke bandara sekarang, saat papa sampai, kalian pasti sudah masuk pesawat. Waktu tidak cukup.” Anak-anaknya spontan menjawab, “Iya pa, tapi bagaimana ini, kami tidak membawa uang sama sekali. Bagaimana nanti di sana?” Sang ayah memberi solusi, “Baiklah, lanjutkan perjalanan kalian. Nanti saya yang akan mengatur.”

Setelah menutup telepon, sang ayah segera menghubungi kenalannya di kota yang akan dikunjungi anak-anaknya. Ia meminta nomor rekening kenalannya dan mentransfer sejumlah uang yang dibutuhkan anak-anaknya. Sang ayah meminta agar kenalannya menjemput anak-anaknya di bandara dan menyerahkan uang tersebut kepada mereka. Sementara itu, di atas pesawat, anak-anaknya pergi dengan hati yang galau dan penuh kekhawatiran mengenai nasib mereka di kota tujuan. Mereka tidak menyadari bahwa sang ayah yang penuh kasih telah mengatur dan menyediakan segalanya dengan baik. Saat mereka tiba di kota tujuan, barulah mereka memahami bagaimana pengaturan dan penyediaan yang sudah papanya lakukan untuk mereka.
Itulah hati Bapa di sorga, Dia selalu rindu menyediakan bagi kita. Seringkali yang menjadi hambatannya adalah karena kita kurang percaya. Mulai hari ini, ambilah komitmen untuk berserah total dan sepenuhnya kepada pengaturan dan penyediaan Tuhan. Tetaplah tinggal dalam damai sejahtera Allah sementara kita menantikan penyediaan-Nya dalam hidup kita. Percayalah bahwa Sang Jehova Jireh pasti menyediakan untuk kita tepat pada waktunya. (MJA)

RENUNGAN:
Nama Tuhan adalah JEHOVA JIREH, Tuhan yang MENYEDIAKAN.

APLIKASI
1. Apa yang Anda rasakan ketika Anda menantikan penyediaan dari Tuhan?
2. Seberapa besar kepercayaan Anda bahwa Allah pasti menyediakan apa yang menjadi kebutuhan Anda?
3. Komitmen apa yang akan Anda ambil supaya Anda mengalami penggenapan penyediaan dari Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, kami bersyukur sebab nama-MU adalah Jehova Jireh, Allah yang yang menyediakan. Kami tidak perlu takut dan kuatir, sebab semua kebutuhan kami pasti Engkau menyediakannya dalam waktu-MU yang terbaik. Terimakasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Mazmur 91-93; Roma 15:1-13

Anda rindu mengalami pertumbuhan rohani bersama Keluarga Allah