01 April 2024 Tim Penulis Renungan Renungan Keluarga Allah

MERESPON DENGAN BENAR

RHEMA HARI INI
Roma 12:12 Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa!

Tuhan memperlengkapi tumbuhan dan hewan ciptaan-Nya dengan kemampuan untuk mempertahankan diri. Beberapa hewan memiliki tanduk, duri, racun, cakar ataupun taring yang sewaktu-waktu bisa digunakan untuk menghadapi serangan musuh. Otak hewan akan meresponi segala sesuatu yang dianggap sebagai ancaman dengan memerintahkan bagian tubuhnya sebagai senjata untuk melindungi diri. Sedangkan tanaman memiliki mekanisme pertahanan diri berupa sensor terhadap gerakan. Misalnya putri malu yang mempunyai kemampuan seismonasti, yaitu gerakan menutup pada daun ketika ada sentuhan. Semua respon untuk mempertahankan diri pada hewan dan tumbuhan berlangsung otomatis tanpa melewati tahapan berpikir.

Berbeda dengan manusia yang diciptakan Tuhan memiliki akal budi untuk menimbang dan berpikir sebelum meresponi sesuatu. Jika hewan dan tumbuhan bereaksi hanya dengan naluri, maka manusia memiliki pilihan dalam merespon sesuatu. Yaitu meresponi sesuai kehendak Tuhan atau mengikuti keinginan daging sebagai manusia.

Firman Tuhan hari ini mengajar kita bagaimana supaya kita bisa memiliki respon yang benar terhadap segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita. Reson yang benar adalah tetap bersukacita dalam pengharapan dan senantiasa bersabar ketika berada dalam kesesakan. Ingatlah bahwa Tuhan kita adalah Allah yang setia dan bertanggung jawab. Serahkanlah segala kekhawatiran kita dalam doa dan ucapan syukur. Jika kita merespon dengan benar sesuai keinginan Tuhan, maka DIA akan melakukan apa yang menjadi bagian-Nya.

RENUNGAN:
Tuhan menginginkan RESPON YANG BENAR terhadap apapun yang terjadi dalam kehidupan kita.

APLIKASI
1. Bagaimana Anda merespon segala sesuatu dalam kehidupan Anda selama ini?
2. Menurut Anda, apakah respon Anda tersebut sudah sesuai dengan kehendak Tuhan?
3. Komitmen apa yang akan Anda ambil agar Anda senantiasa bisa merespon dengan benar?

DOA UNTUK HARI INI
“Terima kasih Tuhan untuk Firman-Mu. Terus ajar kami untuk bisa merespon dengan benar dan sesuai dengan keinginan-Mu, atas segala sesuatu yang Engkau ijinkan terjadi dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Mazmur 116-118; 1 Korintus 7:1-19

Anda rindu mengalami pertumbuhan rohani bersama Keluarga Allah