26 April 2024 Tim Penulis Renungan Renungan Keluarga Allah

MENJADI JUARA MELALUI DISIPLIN BERDOA

RHEMA HARI INI
2 Timotius 2:5 Seorang olahragawan hanya dapat memperoleh mahkota sebagai juara, apabila ia bertanding menurut peraturan-peraturan olahraga.

Ricardo Izecson dos Santos Leite, lebih dikenal dengan nama Ricardo Kaka, adalah seorang pemain sepakbola asal Brasil. Kaka sangat menyukai sepakbola sejak masih kecil. Ia memulai kariernya sejak bergabung dengan San Paulo FC. Bakatnya yang cemerlang membuat AC Milan memboyongnya pada 2003. Banyak prestasi yang telah diraih Kaka sepanjang kariernya, semua itu tidak lepas dari kedisplinannya untuk berlatih sungguh-sungguh dan memberikan yang terbaik di setiap pertandingan.

Tidak seperti kebanyakan pemain bola lainnya yang lebih menggemari minum minuman keras sambil berpesta di bar, minuman yang disukai Kaka hanyalah air putih. Walau sempat diremehkan oleh rekan-rekannya, ia tetap konsisten dan disiplin pada pendiriannya. Sebab Kaka tahu, air putih baik untuk kesehatan dan performa permainannya. Pada akhirnya teman-teman Kaka justru menghormati keputusannya. Beberapa kali Kaka sempat mendapat cedera serius dan harus duduk di bangku cadangan, tetapi keuletan dan kedisiplinan yang tinggi untuk terus berlatih, membuat Kaka termasuk dalam jajaran pemain terbaik di dunia.

Kedisiplinan rohani sama seperti latihan fisik bagi seorang pemain sepakbola: penting dan membutuhkan kesungguhan. Seperti latihan yang membangun kekuatan dan ketahanan fisik, kedisiplinan rohani memperkuat iman kita. Dengan berdoa, membaca Alkitab, dan menjaga hubungan dengan Tuhan, kita memperoleh kekuatan rohani yang membantu kita mengatasi tantangan hidup. Dengan konsistensi dalam kedisiplinan rohani, kita dapat memenangkan pertempuran iman dan meraih kemenangan yang dijanjikan dalam Kristus. Mari kita bertekun dalam kedisiplinan rohani, seperti seorang pemain sepakbola yang tekun dalam latihan fisiknya, sehingga kita dapat mengalami kemenangan yang kokoh dalam iman kita dan hidup sesuai dengan kehendak Tuhan. (DRW).

RENUNGAN
DISIPLIN DOA bagi orang Kristen, sama seperti DISIPLIN FISIK bagi atlet sepakbola.

APLIKASI
1. Seberapa pentingkah disiplin doa bagi Anda? Mengapa demikian?
2. Dengan cara bagaimana Anda membangun kedisiplinan dalam berdoa?
3. Apa perbedaan yang Anda alami dan rasakan ketika Anda disiplin dalam berdoa?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, bimbinglah kami untuk tetap setia dan tekun dalam berdoa, sehingga kami dapat mengalami pertumbuhan rohani yang kokoh dan mendalam. Tetapkan hati kami pada kehendak-Mu, dan biarlah doa menjadi bagian tak terpisahkan dalam hidup kami, membawa kami lebih dekat kepadaMu setiap hari. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Amsal 27-29; 2Korintus 10

Anda rindu mengalami pertumbuhan rohani bersama Keluarga Allah