20 Mei 2024 Tim Penulis Renungan Renungan Keluarga Allah

HEMBUSAN ANGIN TUHAN

RHEMA HARI INI
Markus 1:8 Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus.”

Kita mengenal Yohanes Pembaptis sebagai utusan Tuhan untuk mendahului dan mempersiapkan jalan bagi Yesus. Oleh penginjilannya, seluruh penduduk Yudea serta Yerusalem bertobat dan memberi diri mereka dibaptis di sungai Yordan. Namun demikian, Yohanes tetap memberitakan bahwa setelah dia, akan datang Mesias yang akan membaptis mereka dengan Roh Kudus.

Baptisan air adalah suatu tanda fisik tentang pertobatan yang terjadi dalam hati manusia sekaligus pengakuan pertobatan di muka umum. Baptisan juga berarti bahwa kita telah menerima pengampunan dosa dan lahir baru di dalam Kristus dengan penyertaan Roh Kudus. Akan tetapi, Roh Kudus baru akan bisa berkarya dengan nyata dalam hidup kita ketika kita berdoa dan meminta-Nya dengan sungguh-sungguh. Saat itulah angin Tuhan akan berhembus dan baptisan Roh Kudus terjadi. Baptisan Roh akan mengerjakan pembaruan dalam hidup kita sehingga kita bisa menghasilkan buah Roh yang nyata, karunia Roh Kudus dan kehidupan Kristen yang penuh kuasa. Roh Kudus akan menolong kita mengalahkan dosa, melepaskan diri dari belenggu keterikatan pada kebiasaan yang buruk, juga kekuatan untuk mentaati Firman Tuhan.

Ketika hidup kita terasa sangat sesak dan gerah oleh banyaknya masalah, kehadiran Roh Kudus dan karya-Nya akan sangat melegakan hati kita. Karena itu, mintalah dengan sungguh-sungguh dan buka hati lebar-lebar untuk Roh Kudus bekerja dengan leluasa dalam hidup kita. Perjuangkanlah baptisan Roh yang sejati, yang akan mentranformasi kehidupan kita secara nyata dan menjadikan diri kita versi terbaik sesuai kehendak Tuhan.

RENUNGAN:
Ketika ANGIN Tuhan BERHEMBUS, maka BAPTISAN ROH terjadi.

APLIKASI
1. Mengapa penting bagi kita untuk menerima baptisan Roh Kudus?
2. Sudahkah Anda dibaptis oleh Roh Kudus? Perbedaan apa yang Anda rasakan setelahnya?
3. Jika belum, bagaimana Anda akan memperjuangkan untuk menerima baptisan Roh Kudus?

DOA UNTUK HARI INI
“Roh Kudus, hati kami terbuka lebar untuk-Mu berkarya sepenuhnya dalam hidup kami. Penuhilah kami dan ubahlah hidup kami seturut kehendak-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Yesaya 37-38; Kolose 3

Anda rindu mengalami pertumbuhan rohani bersama Keluarga Allah