31 Mei 2024 Tim Penulis Renungan Renungan Keluarga Allah

KESEDIHAN YANG MEMBANGKITKAN HAUS DAN LAPAR

RHEMA HARI INI
Mazmur 119:71 Bahwa aku tertindas itu baik bagiku, supaya aku belajar ketetapan-ketetapan-Mu.

Tidak ada seorangpun di dunia ini yang menginginkan kesedihan. Semua orang pasti berharap hidup mereka baik-baik saja, bahagia dan tidak kurang suatu apapun. Namun firman Tuhan hari ini menegaskan bahwa kesulitan yang kita alami adalah baik, karena melalui itu kita bisa mempelajari ketetapan-Nya. Saat menghadapi kesulitan dan kesedihan, kita terdorong untuk mencari Tuhan dengan lebih sungguh-sungguh. Seperti yang terjadi pada seorang ibu yang menderita nyeri lutut yang tak kunjung sembuh. Ia yang biasanya aktif bergerak, kini hanya bisa tergolek di tempat tidur.

Hal ini tentu sangat menyedihkan bagi sang ibu, tetapi akhirnya ia menemukan kesembuhan melalui doa dan kepercayaan kepada Tuhan. Ya, keadaan sulit dan menyedihkan dapat menjadi pembangkit rasa haus dan lapar kita akan Tuhan. Justru zona nyaman dapat membuai kita dan mulai melupakan kedekatan dengan Tuhan. Mungkin kita masih rajin beribadah, masih pelayanan dan masih tergabung dalam komunitas gereja. Akan tetapi tidak ada keintiman dalam hubungan pribadi kita dengan Roh Kudus.

Oleh karena itu, mari kita mencari Tuhan dengan sungguh-sungguh tanpa menunggu kesulitan terjadi. Ingatlah bahwa Tuhan tidak pernah merencanakan hal yang buruk untuk kita, tetapi kesombongan dan kelalaian kitalah yang membuat kesulitan itu datang. Jika Tuhan sampai mengijinkan kesedihan itu terjadi, semata hanyalah karena Tuhan ingin agar kita mendekat kembali kepada-Nya.

RENUNGAN
Keadaan yang MENYEDIHKAN seringkali dipakai Tuhan untuk MEMBANGKITKAN KEHAUSAN dan kelaparan kita akan Tuhan.

APLIKASI
1. Keadaan menyedihkan seperti apa yang pernah Anda alami?
2. Menurut Anda, apakah hubungan antara kesedihan dengan bangkitnya rasa haus dan lapar akan Tuhan?
3. Komitmen apa yang akan Anda ambil melalui masa kesedihan yang Anda alami supaya Anda bisa lebih dekat lagi dengan Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, melalui kesedihan kami ajarkan kami untuk mengerti ketetapan-ketetapan-Mu. Kiranya hati kami senantiasa haus dan lapar akan Engkau. Kami percaya Engkau membuat segala sesuatu baik pada waktunya. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Yesaya 65-66; 1 Timotius 2

Anda rindu mengalami pertumbuhan rohani bersama Keluarga Allah