03 Juni 2024 Tim Penulis Renungan Renungan Keluarga Allah

SERAHKAN BEBANMU PADA TUHAN

RHEMA HARI INI
Mazmur 55:22 Serahkanlah kuatirmu kepada TUHAN, maka Ia akan memelihara engkau! Tidak untuk selama-lamanya dibiarkan-Nya orang benar itu goyah.

“Kuatkanlah hatimu, lewati setiap persoalan, Tuhan Yesus selalu menopangmu, jangan berhenti harap pada-Nya….Tuhan pasti sanggup…..” Sepenggal lirik lagu tersebut terdengar dari sebuah handphone yang dipegang di tangan seorang pria yang baru saja kehilangan anak perempuannya akibat sebuah kecelakaan. Tangan kekar yang biasanya merangkul dan menggendong anaknya itu, tiba-tiba terasa lemah lunglai seakan tanpa daya. Anaknya yang berusia 10 tahun dan tidak pernah jauh darinya, kini hilang dari sisinya. Ia begitu terpukul sampai tidak bisa makan sejak hari kepergian anaknya.

Dalam kesedihannya, ia terus memikirkan lirik lagu tersebut. Ia kemudian masuk ke kamar dan berdoa kepada Tuhan, menumpahkan semua kesedihan hatinya. Walau masih berduka, namun beban berat seolah terangkat dari hatinya. Pria itu sadar bahwa Tuhan sangat mengasihi keluarganya. Sebelum peristiwa kecelakaan yang merenggut nyawanya, Tuhan telah menggerakkan hati anaknya untuk merekam suaranya menyanyikan lagu tersebut untuk menguatkan ayah dan ibunya.

Kehilangan orang yang kita kasihi, dikecewakan oleh orang-orang terdekat, atau sakit yang tak kunjung sembuh, seringkali membuat beban kita terasa terlalu berat. Ya, kita manusia memang mempunyai keterbatasan dalam menanggung sesuatu, tetapi tidak bagi Tuhan. Ketika kita merasa tidak sanggup lagi, inilah saatnya kita datang kepada Tuhan. Serahkanlah beban kita di kaki-Nya, sebab Tuhan kita sanggup mengatasi segalanya. Ingatlah bahwa kita mempunyai Tuhan yang sangat peduli dan senang menolong kita. Tak akan pernah dibiarkan-Nya kita yang datang berserah dan meminta pertolongan kepada-Nya, kembali dengan sia-sia. (AM)

RENUNGAN:
Merasa BEBANMU TERLALU BERAT? Datanglah kepada Tuhan dan SERAHKANLAH BEBANMU di kaki Tuhan.

APLIKASI
1. Beban berat apakah yang Anda rasakan saat ini?
2. Apa yang seharusnya Anda lakukan agar Anda terbebas dari beban yang berat?
3. Apa yang Anda rasakan setelah Anda berserah kepada Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
“Ya Bapa, kami bersyukur karena Engkau peduli pada beban hidup kami. Tolong kami ya Roh Kudus agar selalu mengandalkan Engkau dan berserah penuh kepada-Mu dalam seluruh pergumulan hidup kami. Di dalam Nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Yeremia 6-8; 1 Timotius 5

Anda rindu mengalami pertumbuhan rohani bersama Keluarga Allah