04 Juli 2024 Tim Penulis Renungan Renungan Keluarga Allah

DIBALIK KERUGIAN DAN KEGAGALAN

RHEMA HARI INI
Ayub 11:17 Kehidupanmu akan menjadi lebih cemerlang dari pada siang hari, kegelapan akan menjadi terang seperti pagi hari.

Nathaniel Hawthorne pulang dengan lesu. Ia memikirkan bagaimana cara memberitahu istrinya, bahwa ia baru saja dipecat dari pekerjaannya. Ia tidak ingin istrinya mengganggapnya sebagai seorang yang gagal. Namun Nathaniel menjadi heran, sebab saat ia memberitahu istrinya apa yang terjadi, istrinya justru menanggapi dengan sukacita. “Sekarang kau bisa menulis bukumu!” kata istrinya Sophia, dengan optimis. “Bagaimana kita bisa membiayai hidup kita sementara aku menulis buku?” jawab Nathaniel dengan sedih.

Sophia lantas menuju ke sebuah laci, dan mengambil sejumlah uang. “Dari dulu aku tahu bahwa engkau sangat berbakat dalam menulis, dan suatu saat engkau akan menulis sebuah mahakarya. Selama ini aku telah menyisihkan sedikit demi sedikit, uang yang kau berikan padaku. Ini akan cukup untuk hidup kita selama setahun penuh.” Nathaniel Hawthorne pun berhasil menulis buku The Scarlet Letter, buku yang akhirnya menjadi best seller dan diangkat menjadi sebuah film.

Apa yang kita lihat sebagai kerugian dan kegagalan sebenarnya tidaklah selalu demikian adanya. Sebagai milik kesayangan Tuhan yang spesial di mata-Nya, akan selalu ada rencana indah dibalik setiap kejadian buruk yang menimpa kita. Mungkin kita tidak memahami rencana-Nya saat ini, tetapi tetaplah percaya bahwa Tuhan baik dan sangat baik dalam hidup kita. Maka kita akan dibuat-Nya kagum melihat bagaimana Tuhan mengubah kerugian menjadi keuntungan, dan kegagalan menjadi keberhasilan.

RENUNGAN:
Dibalik KERUGIAN ada KEUNTUNGAN yang mengejutkan. Dibalik KEGAGALAN akan ada KEBERHASILAN.

APLIKASI
1. Hal apa yang Anda anggap sebagai kerugian dan kegagalan dalam hidup Anda?
2. Menurut Anda, apa yang akan Tuhan lakukan bagi Anda, anak kesayangan-Nya yang istimewa?
3. Bagaimana Anda sekarang akan meresponi setiap kegagalan dan kerugian yang Anda alami?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, terimakasih untuk kebaikan-Mu atas kami. Walau kami belum dapat melihatnya, kami percaya ada keberhasilan dan keuntungan yang Kau sediakan dibalik setiap kegagalan dan kerugian kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Yehezkiel 24-26; 1 Petrus 2

Anda rindu mengalami pertumbuhan rohani bersama Keluarga Allah