08 Juli 2024 Tim Penulis Renungan Renungan Keluarga Allah

SEGERA BERESKAN KEGALAUAN

RHEMA HARI INI
Yesaya 41:10 Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan

Ibu Kori adalah seorang wanita yang periang dan penuh sukacita, namun ia berubah setelah ia dan suaminya terjangkit virus covid-19. Saat itu covid-19 sudah seperti malaikat pencabut nyawa. Perasaan takut begitu mencengkeram Ibu Kori, sehingga setelah isolasi dan mereka dinyatakan sembuh, ia masih merasakan kegalauan dalam hatinya. Ibu Kori mengalami insomnia. Setiap malam ia tidak bisa tidur. Kalaupun bisa terlelap, sebentar kemudian ia akan terbangun dengan berteriak ketakutan. Setelah kondisi ini tak kunjung membaik, Ibu Kori akhirnya berkonsultasi pada dokter dan ia didiagnosis menderita depresi akibat kuatir yang berlebihan.

Pesan yang sering diberikan Tuhan kepada umat-Nya adalah ‘Jangan Takut’. Selain karena Tuhan tidak pernah memberi roh ketakutan, rasa takut terutama yang berlebihan, sangat tidak baik akibatnya bagi kita. Kekuatiran dan ketakutan yang berlebihan akhirnya membuat pikiran kita menjadi kacau atau sering juga disebut galau. Jika hal ini tidak segera dibereskan, maka seseorang bisa mengalami depresi.

Hendaklah kita senantiasa menyerahkan segala kekuatiran kita kepada Tuhan, Sang Gembala jiwa kita. Ingatlah bahwa semua yang kita kuatirkan sebenarnya tidak ada manfaatnya karena Tuhan sudah menjanjikan penyertaan yang sempurna untuk kita yang percaya kepada-Nya. (AM)

RENUNGAN:
JANGAN BIARKAN galau maupun gundah gulana, sebab jika tidak SEGERA DIBERESKAN bisa berakhir menjadi depresi.

APLIKASI
1. Apakah saat ini ada sesuatu yang membuat Anda galau?
2. Mengapa Anda harus segera membereskan perasaan galau Anda?
3. Langkah apa yang akan Anda ambil untuk membereskan kegalauan di hati Anda ?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, kami bersyukur karena Engkau setia dan selalu menolong kami. Kami serahkan segala kekuatiran kami kepada-Mu, yang sanggup mengatasi dan pasti memberikan yang terbaik bagi kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami, berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Yehezkiel 35-36; 2 Petrus 1

Anda rindu mengalami pertumbuhan rohani bersama Keluarga Allah