29 Juli 2024 admin RAKA Joyful

KEHIDUPAN AMOS [RAKA JOYFUL]

Bacaan: Amos 1:1-15

Rhema: Amos 1:1

Perkataan yang dinyatakan kepada Amos , salah seorang peternak domba dari Tekoa,   tentang Israel pada zaman Uzia, raja Yehuda, dan dalam zaman Yerobeam, anak Yoas, raja Israel, dua tahun sebelum gempa bumi. Hukuman atas bangsa-bangsa lain

 

            Allah  memilih Amos, dia seorang peternak domba dari Tekoa yang hidup pada zaman Uzia raja Yehuda dan zaman Yerobeam raja Israel untuk menubuatkan/ menyampaikan pesan  firman Tuhan kepada kedua raja tersebut karena melakukan perbuatan jahat. Tentu saja tugas Amos yang diberikan oleh Tuhan bukan tugas yang mudah tetapi tugas yang berat. Mengapa? Karena Amos harus menyampaikan pesan atau perkataan Tuhan kepada kedua raja tersebut. Bukan pesan yang menggembirakan tetapi pesan yang berisi hukuman yang akan Tuhan berikan atas kedua raja itu.

            Amos sebagai seorang peternak domba ternyata dipakai Tuhan untuk menyampaikan pesan Tuhan tentang tindakan luar biasa yang akan dilakukan Tuhan. Di bagian ini Sahabat Fligo dapat mengerti bahwa sekalipun Amos seorang peternak domba, seorang yang sederhana, ternyata dipilih Tuhan untuk menyampaikan pesan Tuhan tentang hukuman yang akan diberikan kepada kerajaan Yehuda dan kerajaan Israel. Raja Yehuda dan rakyatnya dihukum karena telah menolak hukum dan perintah Tuhan serta lebih memilih untuk percaya kepada dewa-dewa. Sedangkan Kerajaan Israel, raja dan rakyatnya dihukum karena tidak menyembah Tuhan tetapi menyembah patung-patung atau berhala serta banyak melakukan perbuatan jahat. Amos diberi tugas oleh Tuhan untuk mengingatkan bangsa Israel kembali kepada Tuhan dan menyembah Tuhan.

 

Doa hari ini:
Tuhan, terima kasih buat kebaikan-Mu dalam hidup kami. Tuhan kami mau belajar seperti Amos taat akan firman-Mu. Mampukan kami ya Tuhan. Dalam nama Yesus kami berdoa. Amin.

 

Bacaan Alkitab setahun:  Ibrani 12

Pertanyaan hari ini:

  1. Apa pekerjaan Amos?
  2. Apa yang diperintahkan Tuhan kepada Amos?
  3. Dari Firman hari ini, aku belajar tentang: