10 Agustus 2024 admin RAKA Joyful

MENGAMPUNI SAUDARA [RAKA JOYFUL]

Bacaan: Kejadian 42:1-38

Rhema: Kolose 3:13
Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.

 

Adakah Sahabat memiliki kakak atau adik? Gimana nih kalau kita bertengkar dengan saudara kita? Bisa jadi suatu ketika mereka melakukan kesalahan pada kita. Lalu apa yang Tuhan inginkan bila saudara kita melakukan kesalahan kepada kita? Apakah Tuhan ingin kita menghukum dan membenci mereka? Ayo kita coba belajar dari kisah Yusuf dan saudara-saudaranya.

Seperti kita ketahui, kakak-kakaknya Yusuf tidak suka pada Yusuf. Suatu ketika mereka menjual Yusuf sebagai budak dan mengatakan kepada ayahnya bahwa Yusuf sudah mati. Saat kakak-kakaknya pergi ke Mesir untuk membeli gandum, mereka bertemu dengan Yusuf yang sudah berkuasa. Harusnya Yusuf bisa dengan mudah menghukum mereka pada saat itu. Tetapi Yusuf mengampuni saudara-saudaranya yang sudah menjualnya sebagai budak. Yusuf bahkan mengundang seluruh keluarga besarnya untuk tinggal di Mesir, sehingga mereka tidak menderita bencana kelaparan.

Sahabat Fligo, pasti tidak mudah bagi Yusuf untuk mengampuni kakak-kakaknya. Mereka sudah menjual Yusuf sebagai budak sehingga hidup Yusuf menjadi berat. Tetapi saat Yusuf sudah diangkat Tuhan menjadi penguasa, Yusuf tidak membalas dendam kepada mereka. Yusuf malah mengampuni bahkan mencukupi seluruh kebutuhan mereka. Mari kita belajar dari Yusuf yang mau mengampuni saudara-saudara kita apabila mereka melakukan kesalahan kepada kita. (LC)

 

Doa hari ini:
Tuhan, aku mau belajar mengampuni orang yang menyakitiku. Penuhi hatiku dengan kasih-Mu, dan bantulah aku supaya aku bisa mengasihi saudara-saudaraku. Aku mau hatiku dipenuhi dengan kasih, bukan kebencian. Terima kasih Tuhan Yesus. Amin.

Bacaan Alkitab setahun:   2 Petrus 1

Pertanyaan hari ini:

  1. Coba sebutkan contoh kisah di Alkitab tentang mengampuni saudara selain kisah Yusuf?
  2. Apa yang Tuhan ingin kita lakukan bila ada saudara kita yang bersalah kepada kita?
  3. Dari Firman hari ini, aku belajar tentang: