12 Agustus 2024 admin RAKA Joyful

BELAS KASIH [RAKA JOYFUL]

Bacaan: Lukas 10:25-37

Rhema: Amsal 14:21
Siapa menghina sesamanya berbuat dosa, tetapi berbahagialah orang yang menaruh belas kasihan kepada orang yang menderita.

 

Minggu ini kita masih mau belajar mengenai belas kasih kepada sesama kita. Seperti yang sudah Sahabat pelajari, arti belas kasihan adalah kesadaran akan penderitaan dan rasa sakit orang lain dan berupaya untuk meringankan penderitaan dan rasa sakit tersebut. Gimana sih caranya supaya kita bisa berbelas kasih kepada orang lain? Kita bisa mencoba dengan cara membayangkan diri kita di posisi orang lain untuk bisa merasakan penderitaannya, sehingga kita bisa berbelas kasihan kepada orang tersebut. Suatu kali Tuhan Yesus memberikan sebuah perumpamaan tentang orang yang dirampok dan terluka parah. Lalu lewatlah seorang imam tetapi tidak menolongnya. Kemudian lewat juga orang Lewi namun tetap saja tidak menolongnya. Meski imam dan orang Lewi melihat orang yang terluka tersebut, mereka tidak menolongnya dan melewatinya begitu saja. Kemudian datanglah seorang Samaria. Melihat orang yang dirampok dan terluka tersebut, orang Samaria ini tergerak oleh belas kasihan kemudian menolongnya.

Sahabatku terkasih, Tuhan ingin kita memiliki belas kasihan kepada sesama kita, seperti contoh orang Samaria di dalam perumpamaan tersebut. Tuhan tidak ingin anak-anak-Nya menjadi egois dan hanya memikirkan kepentingan diri sendiri. Tuhan mau kita peduli dan juga menolong orang lain yang membutuhkan. Mintalah kepada Tuhan supaya memberikan kita hati yang mengasihi sesama kita. (LC)

 

Doa hari ini:
Tuhan, aku bersyukur karena Engkau sangat mengasihiku. Aku juga mau memiliki belas kasih kepada sesamaku, teman-teman dan keluargaku, sama seperti Engkau telah mengasihiku. Terima kasih Tuhan. Amin.

 

Bacaan Alkitab setahun:  2 Petrus 3

Pertanyaan hari ini:

  1. Apa arti belas kasihan menurutmu?
  2. Coba berikan contoh perbuatan belas kasihan kepada sesama kita.
  3. Dari Firman hari ini, aku belajar tentang: