13 Agustus 2024 Tim Penulis Renungan Renungan Keluarga Allah

SEGALA SESUATU ADA WAKTUNYA

RHEMA HARI INI
Pengkhotbah 3:1 Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apa pun di bawah langit ada waktunya.

Saat masih anak-anak, sering kali orang tua melarang kita memainkan barang-barang tertentu di sekitar rumah, seperti korek api, kompor, pisau, lubang colokan listrik, dan barang-barang berisiko lainnya. Ketika beranjak remaja, kita belum diizinkan mengendarai motor atau mobil, meskipun sudah belajar menggunakannya. Hal ini mungkin dianggap sangat menjengkelkan, tetapi sebenarnya, orang tua tahu bahwa kita belum mahir dan belum saatnya. Mereka ingin melatih dan menunggu kesiapan kita agar bisa menggunakan alat-alat tersebut dengan aman, sehingga tidak membahayakan keselamatan diri kita dan orang lain.

Demikian pula Tuhan memiliki waktu-Nya sendiri. Ada kalanya Dia masih ‘menyembunyikan’ kita, karena masih banyak hal yang harus kita pelajari. Ketika waktunya tepat bagi Tuhan, Dia akan segera mempresentasikan dan meluncurkan kita. Sama seperti Yusuf yang harus melalui berbagai pergumulan sampai Tuhan melihat bahwa Yusuf telah siap untuk diangkat menjadi penguasa seluruh Mesir. Jika hati Yusuf masih dipenuhi kepahitan dan dendam pada saudara-saudaranya, rencana Tuhan untuk menyelamatkan bangsa Israel di masa kelaparan melalui Yusuf akan berantakan.

Jika saat ini kita merasa lelah, jenuh, dan putus asa oleh penundaan-penundaan, sadari bahwa Tuhan paling tahu waktu yang terbaik untuk mengangkat kita tinggi. Gunakan waktu ini untuk introspeksi diri, meminta petunjuk dan bimbingan Tuhan agar bisa menggenapi rencana-Nya. Ingatlah bahwa Tuhan masih menyembunyikan kita, artinya kita sedang dipersiapkan untuk tujuan-Nya yang mulia.

RENUNGAN
Ada waktunya Tuhan “MENYEMBUNYIKAN” kita, ada waktunya Tuhan “MEMPRESENTASIKAN” kita.

APLIKASI
1. Apakah saat ini Anda merasa Tuhan masih menyembunyikan diri Anda?
2. Dengan cara bagaimana Anda mempersiapkan diri untuk menyambut waktu Tuhan mempresentasikan kita?
3. Apa saja hal yang Anda persiapkan dari dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, tolong setiap kami untuk dapat mempersiapkan diri kami, agar
kami siap kapanpun waktu-Mu tiba untuk mempresentasikan kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Kejadian 10-12; Matius 4

Anda rindu mengalami pertumbuhan rohani bersama Keluarga Allah