21 Agustus 2024 admin RAKA Joyful

MANASYE BERTOBAT [RAKA JOYFUL]

Bacaan: 2 Tawarikh 33: 1-20

Rhema: Yakobus 4:6b
“Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati.” 

 

 

Hari ini kita belajar dari raja Manasye. Ketika Manasye masih kecil, dia diangkat menjadi raja pada usia 12 tahun. Tapi, sayangnya, Manasye tidak melakukan hal yang baik. Dia membuat banyak kesalahan karena tidak mengikuti Tuhan. Dia mulai menyembah patung-patung dan dewa-dewa palsu, serta membangun tempat-tempat untuk menyembah mereka. Dia bahkan menaruh patung-patung di rumah Tuhan yang seharusnya hanya digunakan untuk menyembah Tuhan yang benar. Manasye juga melakukan hal-hal yang sangat buruk, membuat rakyatnya ikut melakukan hal yang salah.

Tuhan tidak suka dengan apa yang dilakukan Manasye. Karena itu, Tuhan mengirim pasukan musuh dari Asyur untuk menangkap Manasye. Mereka mengikat Manasye dan membawanya ke negeri yang jauh. Saat itu, Manasye merasa sangat sedih dan menyesal karena telah melupakan Tuhan. Dia berdoa kepada Tuhan, meminta ampun dan memohon agar Tuhan menolongnya.

Tuhan yang penuh kasih sayang mendengar doa Manasye. Tuhan mengampuninya dan membawanya kembali ke kerajaannya. Setelah itu, Manasye berubah menjadi raja yang baik. Dia mulai memperbaiki semua kesalahan yang telah dilakukannya. Dia membuang patung-patung dewa palsu, menghancurkan tempat-tempat yang dia bangun untuk menyembah dewa palsu, dan mengajak rakyatnya untuk hanya menyembah Tuhan yang benar. Ini mengajarkan kita bahwa walaupun kita bisa berbuat salah, Tuhan akan selalu mengampuni kita jika kita sungguh-sungguh meminta maaf dan berusaha memperbaiki kesalahan kita.

 

Doa hari ini:
Tuhan Yesus kami minta ampun atas semua dosa yang kami lakukan. Kami mau melakukan semua sesuai dengan ajaran-Mu. Dalam nama Yesus kami berdoa. Amin.

 

Bacaan Alkitab setahun: Wahyu 1

Pertanyaan hari ini:

  1. Apa yang bisa kita pelajari dari perubahan hidup Raja Manasye setelah ia menyesali perbuatannya dan memohon ampun kepada Tuhan?
  2. Bagaimana sikap Tuhan terhadap Raja Manasye menunjukkan kasih dan pengampunan-Nya meskipun Manasye melakukan banyak kesalahan sebelumnya?
  3. Dari Firman hari ini, aku belajar tentang: