25 Agustus 2024 admin RAKA Joyful

KUPERLU ROH KUDUS [RAKA JOYFUL]

Bacaan: 2 Tawarikh 33:1-20

Rhema: Yohanes 14:16
Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,

 

Suatu hari, ada seorang anak bernama Danu. Danu sangat pintar di kelasnya. Setiap kali ada ujian, dia selalu mendapatkan nilai tertinggi. Teman-temannya sering memuji Danu, dan karena itu Danu merasa dirinya paling hebat. Dia mulai jarang mendengarkan gurunya, tidak membantu teman-temannya, dan malah suka menyombongkan diri. Suatu hari, gurunya, Ibu Rita, memberitahukan bahwa akan ada lomba di sekolah. Semua anak-anak antusias, termasuk Danu. Danu yakin bahwa dia pasti menang. Namun saat lomba dimulai, Danu terlalu percaya diri dan tidak memperhatikan petunjuknya dengan baik. Akhirnya, Danu kalah dalam lomba. Dia merasa sangat sedih dan malu.

Ibu Rita menghampiri Danu dan berkata, “Danu, kamu pintar, tetapi kamu perlu belajar untuk tetap rendah hati. Tidak ada orang yang selalu sempurna, kita semua perlu bantuan dari Tuhan setiap hari. Mintalah Roh Kudus untuk membimbingmu agar kamu bisa belajar menjadi rendah hati.” Danu pun berdoa, “Tuhan, aku minta maaf karena sering menyombongkan diri. Tolong bantu aku, melalui Roh Kudus-Mu, agar aku bisa belajar rendah hati dan tidak merasa lebih baik dari orang lain.”

Setelah berdoa, Danu mulai berubah. Dia lebih mendengarkan gurunya, membantu teman-temannya, dan tidak lagi merasa paling hebat. Dia menyadari bahwa tanpa bimbingan Roh Kudus, kita bisa mudah terjebak dalam kesombongan.

 

Doa hari ini:
Tuhan Yesus, terima kasih atas kasih-Mu yang selalu menyertai kami. Ajarilah kami untuk selalu rendah hati. Kirimkan Roh Kudus-Mu setiap hari agar kami bisa hidup seperti yang Engkau kehendaki, penuh kasih dan rendah hati kepada semua orang. Dalam nama Yesus, kami berdoa. Amin.

Bacaan Alkitab setahun:  Wahyu 5

Pertanyaan hari ini:

  1. Apakah ada momen dalam hidupmu di mana Sahabat merasa lebih hebat dari orang lain dan bagaimana kamu bisa meminta bantuan Roh Kudus untuk tetap rendah hati dalam situasi tersebut?
  2. Bagaimana Sahabat bisa menunjukkan sikap rendah hati kepada teman-temanmu di sekolah atau di rumah?
  3. Dari Firman hari ini, aku belajar tentang: