26 Agustus 2024 admin RAKA Joyful

RUT DAN BOAS [RAKA JOYFUL]

Bacaan: Rut 2: 1-17

Rhema: Rut 2:8
Sesudah itu berkatalah Boas kepada Rut: “Dengarlah dahulu, anakku! Tidak usah engkau pergi dari sini, tetapi tetaplah dekat pengerja-pengerjaku perempuan.

 

 

Ketika di Israel ada kelaparan, seorang wanita Israel bernama Naomi pindah ke negeri Moab bersama suami dan dua anaknya. Dan suami dari Naomi meninggal dunia. Anak-anak dari Naomi menikah dengan wanita Moab, yaitu Rut dan Orpa. Sayangnya, anak-anak dari Naomi juga meninggal dunia.

Sewaktu mendengar bahwa kelaparan sudah berakhir, Naomi kembali ke Israel. Rut dan Orpa ikut dengannya. Tapi di dalam perjalanannya, Naomi berkata, ’Kalian sudah jadi istri dan menantu yang baik. Aku mau kalian menikah lagi. Pulanglah ke Moab.’ Kedua wanita itu berkata, ’Kami sayang Ibu! Kami tidak mau tinggalkan Ibu.’ Tapi, Naomi tetap menyuruh mereka pulang. Akhirnya, Orpa pulang, tapi Rut tetap bersama Naomi. Maka Naomi berkata, ’Orpa sudah kembali ke bangsa dan allahnya. Ikutlah dengan dia, dan pulanglah ke rumah ibumu.’ Tapi Rut berkata, ’Aku tidak akan tinggalkan Ibu. Bangsa Ibu akan jadi bangsaku, dan Allah Ibu akan jadi Allahku.’

Boas adalah seorang yang kaya raya. Kebaikan hati dari Boas adalah suka menolong. Kebaikan Boas juga dibuktikan saat ia menolong Rut yang datang ke ladan (kebun) miliknya untuk memungut sisa bulir jelai yang sedang dipanen. Boas mengijinkan Rut untuk mengambil berkas-berkas jelai diladangnya (Ay. 8). Boas juga melindungi Rut dari para pekerja laki-laki dan juga mengijinkan minum dengan para pekerja lainnya dan menyuruh para pekerja untuk menaruh onggokan jelai untuk dipungut oleh Rut.

 

Doa hari ini:
Bapa kami mengucap syukur buat kasih setia-Mu dalam hidup kami. Tuhan ajari kami untuk suka menolong orang yang membutuhkan. Dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

 

Bacaan Alkitab setahun:  Wahyu 6

Pertanyaan hari ini:

  1. Mengapa Rut memilih untuk setia menemani dan membantu Naomi, meskipun mereka sedang dalam kesulitan?
  2. Bagaimana Boas menunjukkan kebaikan dan kepeduliannya kepada Rut saat Rut memungut jelai di ladangnya?
  3. Dari Firman hari ini, aku belajar tentang: