18 September 2024 Tim Penulis Renungan Renungan Keluarga Allah

BERSINAR SEMAKIN TERANG

RHEMA HARI INI
Efesus 5:8 Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang

Sebelum kehadiran lampu LED, lampu pijar adalah jenis pencahayaan yang umum digunakan. Berbeda dengan lampu LED yang memancarkan cahaya putih, lampu pijar biasanya menghasilkan cahaya berwarna kuning kemerahan. Cahaya yang dipancarkannya juga disertai dengan panas yang dapat mempengaruhi suhu ruang di sekitarnya. Semakin tinggi daya watt lampu pijar, semakin banyak panas yang dihasilkan dan semakin luas area yang dapat diterangi. Oleh karena itu, kebutuhan penerangan dengan lampu pijar disesuaikan dengan ukuran ruangan. Semakin besar ruangannya, semakin tinggi pula daya lampu yang dibutuhkan.
Banyak orang percaya di Efesus yang masih hidup dalam kebiasaan lama mereka, seperti percabulan, kecemaran, keserakahan, perkataan kotor, kebohongan, dan penyembahan berhala. Rasul Paulus mengingatkan mereka, sekaligus juga kita, agar berlaku sebagaimana identitas kita sebagai terang. Sebagai terang, maka hidup kita tidak lagi dalam kegelapan, namun haruslah di dalam terang dan meninggalkan kebiasaan-kebiasaan lama kita. Lampu pijar, meskipun bukan yang paling efisien, tetapi memiliki dampak yang nyata. Seperti kehidupan orang percaya yang, meskipun mungkin tidak sempurna, namun tetap memancarkan terang Kristus di tengah kegelapan.
Sama seperti lampu pijar yang semakin panas suhunya, akan semakin terang pula cahayanya, kita diingatkan untuk menjaga agar api iman kita tetap menyala dan bercahaya bagi sekitar kita. Bagaimanapun kondisi lingkungan di sekitar kita, pastikan api kita tidak meredup. Beranilah membayar harga untuk mendapatkan minyak agar api kita senantiasa berkobar, bertambah besar dan tanpa batas. (AO)

RENUNGAN:
Semakin PANAS api, semakin TERANG nyalanya. Pastikan apimu tetap MENYALA dan BERCAHAYA bagi sekitarmu.

APLIKASI
1. Menurut Anda, bagaimana kondisi nyala api Anda saat ini?
2. Coba pikirkan, dengan cara apa Anda bisa menjadi terang yang bercaya bagi sekitar Anda?
3. Bagaimana agar api Anda bisa semakin panas dan terang nyalanya?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami mau iman kami semakin panas dan semakin bersinar terang. Kuasai hati kami supaya iman kami semakin bertumbuh dan berdampak bagi lingkungan kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa, Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Imamat 8-10; Matius 25:31-46

Anda rindu mengalami pertumbuhan rohani bersama Keluarga Allah