18 Oktober 2024 Tim Penulis Renungan Renungan Keluarga Allah

DILATIH UNTUK MENJADI MAHIR

RHEMA HARI INI:
1 Tawarikh 12:2 Mereka bersenjatakan panah, dan sanggup melontarkan batu dan menembakkan anak-anak panah dari busur dengan tangan kanan atau tangan kiri. Mereka itu dari saudara-saudara sesuku Saul, dari orang Benyamin:

Suku Benyamin dikenal sebagai suku yang mahir dalam peperangan, berkat keterampilan luar biasa mereka. Terutama dalam menggunakan senjata jarak jauh seperti panah dan ketapel dengan ketepatan tinggi. Mereka bahkan mampu melempar batu dengan tangan kiri tanpa meleset. Selain ketangkasan, mereka juga memiliki ketangguhan dan keberanian yang besar dalam bertempur melawan suku-suku lain di Israel. Letak geografis wilayah pegunungan tempat tinggal mereka juga memberikan keuntungan dalam strategi pertahanan dan perang gerilya. Tokoh penting seperti Raja Saul, yang berasal dari suku ini, turut memperkuat budaya militer mereka.

Meskipun tidak ada catatan eksplisit tentang metode pelatihan mereka, jelas bahwa keterampilan berperang suku Benyamin adalah hasil dari pelatihan yang intensif. Baik melalui tradisi lisan, latihan fisik yang teratur, maupun pengalaman di medan perang. Kemahiran menggunakan senjata dilatih sejak usia muda, sehingga anak-anak dari suku Benyamin tumbuh menjadi prajurit yang tangguh dan terampil.

Peperangan yang kita hadapi saat ini bukanlah perang fisik, melainkan tantangan dalam kehidupan sehari-hari. Tuhan telah memberi kita senjata seperti hikmat, akal budi, kepandaian, dan juga hubungan dengan orang lain untuk memenangkan setiap pertempuran hidup. Tugas kita adalah mengasah dan melatih kemampuan tersebut, agar kita semakin mahir menggunakannya. Gunakan setiap kesulitan sebagai kesempatan untuk melatih kemampuan kita. Sekecil apa pun senjata yang kita miliki, ketika kita terus melatihnya, senjata itu akan menjadi alat yang ampuh untuk membawa kemenangan besar dalam hidup kita.

RENUNGAN:
TANGAN YANG TERLATIH akan MAHIR DALAM MEMAKAI SENJATA.

APLIKASI
1. Senjata apakah yang Anda miliki saat ini?
2. Dengan cara apakah Anda akan berlatih menggunakan senjata yang ada pada Anda?
3. Apa hasil yang Anda harapkan ketika Anda mahir menggunakan senjata dengan tangan yang terlatih?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, terima kasih karena Engkau selalu campur tangan dalam setiap proses perjalanan hidup kami. Latih tangan kami Tuhan, untuk menggunakan setiap senjata yang telah Kau berikan, sehingga kami mahir dan menjadi pemenang yang sejati. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Ulangan 16-18; Markus 13:1-20

Anda rindu mengalami pertumbuhan rohani bersama Keluarga Allah