19 Oktober 2024 Tim Penulis Renungan Renungan Keluarga Allah

KUAT MENGHADAPI MASALAH

RHEMA HARI INI
Ulangan 31:6 Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab TUHAN, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.”

Pak Dimas harus menerima kenyataan pahit bahwa ia di-PHK (Pengakhiran Hubungan Kerja) oleh perusahaan tempat ia bekerja selama 10 tahun belakangan ini. Mau tidak mau, Pak Dimas harus mengikuti apa yang dikehendaki perusahaannya yang sedang kesulitan keuangan dan mulai mengurangi karyawannya. Menganggur dan tidak memiliki penghasilan tetap membuat Pak Dimas mulai berpikir untuk memulai sebuah bisnis kecil-kecilan. Ia pun memutuskan untuk berjualan buah secara berkeliling.

Awalnya hanya satu jenis buah saja yang ia jual, lama kelamaan jenis buah yang dijual bertambah banyak. Tangannya yang semakin terlatih dan tekadnya yang kuat pantang mengeluh, membuat Pak Dimas akhirnya bisa membuka toko buah yang cukup lengkap. Tentu saja taraf ekonominya juga meningkat, dan Pak Dimas sangat bersyukur karenanya.

Sama halnya dengan kehidupan kita, mungkin saat ini kita sedang mengalami keadaan yang sulit dan tidak menyenangkan. Sebagian orang memilih untuk mengeluh dan meratapi nasibnya, tetapi kita sebagai anak-anak Tuhan, janganlah mengeluh dan merintih sekalipun harus menghadapi masalah. Ingatlah bahwa Tuhan telah melatih dan memberkati tangan kita. Teguhkan hati, sebab dibalik semua yang kita keluhkan, Tuhan sedang siapkan sesuatu yang terbaik. Rencana-rencana kecil kita terkadang Tuhan gagalkan, supaya kita masuk dalam rencana-Nya yang besar. Saat kita berhenti mengeluh, kita akan kuat menanggung dan menyelesaikan masalah dengan tangan kita yang telah dilatih oleh Tuhan. (LEW)

RENUNGAN:
Tangan yang terlatih TIDAK MERINTIH dan MENGELUH saat harus MENGHADAPI MASALAH.

APLIKASI
1. Apa respon Anda terhadap masalah selama ini?
2. Apa yang Tuhan ingin Anda lakukan saat menghadapi masalah?
3. Perbedaan apa yang Anda rasakan saat Anda mengeluh dan ketika Anda berani menghadapi masalah dengan tangan yang terlatih?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, latihlah selalu tangan kami agar siap menghadapi apa pun. Biarlah kami tidak merintih dan mengeluh saat masalah datang dalam hidup kami. Karena kami percaya Engkau selalu menopang hidup kami. Terimakasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Ulangan 19-21; Markus 13:21-37

Anda rindu mengalami pertumbuhan rohani bersama Keluarga Allah