Air Hidup Yang Menyegarkan

Renungan Keluarga Allah
Kamis, 19 Mei 2016

BACAAN HARI INI

Yohanes 7:37-39

RHEMA HARI INI

Yohanes 7:38-39 Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup.” 39 Yang dimaksudkan-Nya ialah Roh yang akan diterima oleh mereka yang percaya kepada-Nya; sebab Roh itu belum datang, karena Yesus belum dimuliakan.

Seorang anak perempuan bernama Tina harus tinggal di rumah sendirian karena orang tuanya pergi keluar kota selama satu minggu. Tina sudah berusia 16 tahun sehingga ibu Tina tidak sangsi mempercayakan pemeliharaan dan penjagaan rumah kepada Tina. Sayangnya saat orang tua Tina di luar kota, Tina lupa untuk menyiram tanaman di rumahnya. Kebetulan hujan juga tidak turun selama 5 hari berturut-turut. Satu hari menjelang kepulangan orang tuanya ke rumah, barulah Tina sadar dan memperhatikan bahwa semua tanaman di taman rumahnya tampak layu, merunduk, dan seperti hampir mati. Tanahpun tampak sangat kering dan pecah-pecah karena matahari bersinar amat teriknya. Dengan segera Tina membuka keran air dan menyiram tanah dan tanaman di rumahnya.

Tanah tampak sangat cepat menyerap air, seperti orang yang kehausan, pada detik-detik pertama Tina menyiramkan air ke atasnya. Satu sampai dua menit kemudian, ketika satu bagian tanah sudah “penuh” dengan air, air tersebut akan mengalir ke area lain. Setelah 10 menit menyiram tanah dan tanaman, Tina bisa melihat perubahan yang terjadi. Tanah tampak basah dan segar. Tanaman tidak lagi tampak layu dan merunduk, tetapi terlihat segar dan tegak kembali.

Tanah melambangkan manusia roh kita. Air melambangkan Roh Kudus. Seperti air yang menyegarkan tanah kembali, aliran Roh Kudus juga menyegarkan manusia roh kita. Roh Kudus yang kita terima, pada satu titik dalam kehidupan kita, akan memenuhi diri kita, mengalir keluar dari diri kita, dan menyentuh orang-orang di sekitar kita. Itulah yang Tuhan Yesus maksudkan bahwa barangsiapa percaya kepadaNya, dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup.

Persoalan dan tantangan pasti datang dan pergi selama kita hidup di dunia ini. Kita sebagai orang Kristen tidak perlu kuatir sebab Tuhan memberikan Roh Kudus untuk menolong kita. Saat kita bersekutu intim dengan Roh Kudus, Roh Kudus akan menyegarkan kita, memenuhi kita, dan bahkan mengalir keluar dari kita. Roh Kudus membuat kita segar dan baru setiap hari, untuk menaklukkan persoalan dan tantangan hidup kita, dan menjadikan kita lebih dari pemenang.

RENUNGAN

Roh Kudus adalah AIR yang menyegarkan bagi manusia roh kita.

APLIKASI

  1. Persoalan hidup apakah yang pernah membuat Anda merasa kering dan lesu?
  2. Bagaimanakah cara Roh Kudus bekerja untuk menyegarkan roh Anda sehingga Anda bisa mengatasi persoalan tersebut?

DOA UNTUK HARI INI

Allah Roh Kudus, terima kasih karena Engkau datang dan tinggal dalam hati kami. Mohon segarkan kami dan berilah kami kekuatan baru setiap hari. Roh Kudus, mampukan kami untuk menghadapi setiap tantangan dalam hidup kami sehingga kami menjadi lebih dari pemenang untuk kemuliaan Tuhan. Di dalam Nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Matius 5-7