Alasan Tuhan Memastikan Kesehatan Kita

ReMAKA: Renungan Malam Keluarga Allah

BACAAN HARI INI
Yeremia 33:1-6

RHEMA HARI INI
Yeremia 33:6 Sesungguhnya, Aku akan mendatangkan kepada mereka kesehatan dan kesembuhan, dan Aku akan menyembuhkan mereka dan akan menyingkapkan kepada mereka kesejahteraan dan keamanan yang berlimpah-limpah.

Dalam setiap keberhasilan pasti ada sebab musababnya. Tidak terkecuali sebuah perusahaan penyedia bahan bangunan yang baru saja merayakan ulang tahun yang ke-25. Awalnya, selama 10 tahun pertama, perusahaan itu hanyalah sebuah toko yang sekedar bertahan. Bahkan sempat terancam bangkrut karena toko serupa dibuka di dekat mereka. Suatu hari, sang pemilik toko mendengar tentang “Mens sana in corpore sano”. Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Entah kenapa, sejak itu ia menyadari banyak karyawannya yang kurang sehat. Mereka sering terlihat lesu, tidak konsentrasi, dan bergiliran tidak masuk karena sakit. Saat diselidiki, ternyata mereka memiliki dua pekerjaan untuk dapat memenuhi kebutuhan-kebetuhan yang sering tak terduga. Termasuk untuk ke dokter.

Setelah memikirkannya masak-masak, sang pemilik toko memutuskan untuk membayar harga. Ia mulai memberikan berbagai tunjangan kepada para karyawannya. Terutama tunjangan kesehatan. Seiring dengan meningkatnya kesehatan karyawan, mereka semakin produktif dan bersemangat saat melayani pelanggan. Dengan pikiran yang jernih, mereka pun mulai belajar menguasai produk yang dijual toko mereka, sehingga mereka dapat lebih cekatan menjawab kebutuhan para pelanggan. Selama bertahun-tahun berikutnya, mereka memiliki semakin banyak cabang dan bahkan mulai membangun pabrik mereka sendiri.

Tak bisa kita pungkiri, kesehatan mempengaruhi kinerja kita. Saat kesehatan terganggu, kita pun tak dapat berpikir dengan jernih dan bekerja dengan maksimal. Terlebih dari pemilik toko di atas, Tuhan mengetahui semuanya itu. Tuhan pun memiliki rencana besar dalam hidup setiap kita. Itu sebabnya, kesehatan kita juga penting di mata-Nya. Dia, yang tinggal berdiam dalam kita, akan bekerja melepaskan kuasa-Nya, agar apa pun yang mengganggu kesehatan kita tidak sampai mengganggu rencana-Nya atas kita. Tuhan bukan hanya akan memberikan kita obat atau mengirimkan kita ke dokter, tetapi Dia sendiri yang akan melimpahkan kepada kita mujizat kesembuhan besar yang kita butuhkan. (MV.L)

RENUNGAN
Tuhan akan MEMASTIKAN KESEHATAN kita, sehingga melalui hidup kita, RENCANA BESAR TUHAN bisa TERGENAPI.

APLIKASI
1. Apa hubungannya kesehatan Anda dengan rencana Tuhan dalam hidup Anda?
2. Mengapa Tuhan ingin memastikan kesehatan Anda?
3. Bagaimana Anda bisa bekerja sama dengan Allah untuk memastikan kesehatan Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, terima kasih Engkau tidak pernah melepaskan pengawasan mata-Mu dari hidup kami. Kami percaya, hidup kami aman dalam lindungan-Mu dan kesehatan kami berada dalam kendali-Mu. Engkau jauh lebih dekat dari yang kami sangka. Engkau ada dalam kami, dan tidak ada satu penyakit pun yang mampu bertahan di hadapan-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.”

Pentingnya senantiasa membangun persekutuan dengan Tuhan terus-menerus.

Kita tahu bahwa tanpa hubungan yang intim dengan Roh Kudus sebenarnya kita ini kosong. Itu sebabnya gereja kita sangat mendorong bahkan menyediakan fasilitas supaya jemaat bisa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan melalui ReKA (Renungan Keluarga Allah) yang dibagikan kepada setiap jemaat setiap pagi.

Tetapi sebenarnya, untuk sebuah pertumbuhan rohani yang sehat, kuat, serta konsisten, kita tidak cukup hanya bersekutu dengan Tuhan 1x di pagi hari saja, melainkan kita harus melakukannya dengan konsisten, setiap saat bersekutu dengan Tuhan.

Secara jasmani saja, kita bisa saja makan 1x dalam 1 hari, tetapi kekuatan tubuh kita tidak akan bisa maksimal jika dibandingkan dengan kalau kita makan 3x sehari. Demikian juga dalam hal minum obat, kebanyakan obat harus diminum 3x sehari supaya tubuh kita yang sakit bisa segera sembuh. Oleh sebab itu bagaimana mungkin kita bisa berpikir bahwa roh kita bisa kuat kalau kita hanya memberi makan roh kita 1x sehari saja? Kita perlu memberi makan manusia roh kita setidaknya 3x sehari, sama seperti kita memberi makan manusia jasmani kita.

Kita bisa melihat Tuhan Yesus, teladan yang sempurna bagi kita semua. Bagaimana IA terus-menerus membangun hubungan yang intim dengan Bapa-Nya. Pagi-pagi benar, ketika hari masih gelap, Tuhan Yesus sudah duduk diam di bawah kaki Tuhan. Siang hari di tengah-tengah kesibukan-Nya melayani orang-orang yang membutuhkan mujizat-Nya, Tuhan Yesus melepaskan diri dari keramaian dan datang kembali kepada Tuhan. Malam hari, ketika kebanyakan orang sudah tidur, Tuhan Yesus menyediakan waktu khusus untuk bersekutu dengan Tuhan.

Begitu juga dengan kehidupan Daud. Dikatakan di dalam Alkitab bahwa 7x dalam sehari Daud memuji-muji Tuhan. Ini artinya Daud memiliki persekutuan yang konsisten dan terus-menerus dengan Tuhan. Demikian juga dengan Daniel. 3x sehari Daniel berlutut, berdoa, serta memuji Allah. Smith Wigglesworth, hamba Tuhan yang dipakai Tuhan membangkitkan banyak orang mati, berkata ia tidak berdoa lebih dari 15 menit, tetapi ia tidak akan melewatkan 15 menit berlalu tanpa berdoa. Tidak heran jika orang-orang besar yang dipakai Tuhan luar biasa itu memiliki kehidupan roh yang kuat, mantap dan penuh kuasa.

Itulah sebabnya mengapa penting sekali bagi kita untuk terus-menerus membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan. Namun, kendala yang terjadi di banyak kehidupan kita sehari-hari adalah seringkali kita lupa bersekutu dengan Tuhan saat kita sudah disibukkan dengan berbagai macam hal yang harus kita kerjakan sepanjang hari itu. Itu sebabnya saat ini ReKA hadir 3x dalam sehari untuk mengingatkan kita supaya senantiasa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan terus-menerus sepanjang hari. Dengan adanya ReKA setiap pagi, siang, dan malam ini, maka kita akan terus didorong membangun persekutuan yang intim, kuat, dan konsisten dengan Tuhan sehingga manusia roh kita semakin lama akan semakin dibangun dan dikuatkan untuk melakukan hal-hal yang besar bagi kemuliaan Tuhan.