Anugerah Melimpah Yang Sanggup Memulihkan

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

1 Raja-Raja 16-18
Lukas 22:47-71

BACAAN HARI INI
Yesaya 41:8-10

RHEMA HARI INI
Yesaya 41:10 janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.

Saat Yesus ditangkap dan disalibkan, ada dua pribadi yang mengalami keterpurukan hebat, lebih daripada yang lainnya. Mereka adalah Simon Petrus dan Yudas Iskariot. Simon Petrus terkenal sangat radikal dan berani, siapa sangka ia menyangkal Yesus sampai tiga kali saat Yesus diadili. Petrus mengalami kejatuhan dan keruntuhan iman yang sangat hebat. Tidak ada bedanya dengan Yudas Iskariot yang menjual Tuhan Yesus. Ya, keduanya sama-sama melakukan kesalahan. Namun ada sebuah perbedaan besar yang terjadi di antara keduanya, yaitu akhir kisah mereka. Yang satu berhasil bangkit, dan yang satu lagi mengakhiri hidupnya.

Apakah hal itu disebabkan karena kasih dan pengampunan Tuhan yang berbeda bagi keduanya? TIDAK! Anda harus tahu bahwa kasih Tuhan untuk keduanya adalah sama. Kesempatan yang Tuhan berikan untuk mereka bangkit pun sama. Namun yang satu mau merespon dan mempercayai bahwa kasih anugerah Tuhan itu ada baginya, sementara yang satu lagi tidak mampu mengalahkan intimidasi akibat kesalahan yang dilakukannya. Akibatnya, yang satu, yaitu Simon Petrus, bisa bangkit kembali, sehingga ia bisa dipakai Tuhan dengan luar biasa. Sementara Yudas Iskariot tidak mampu merespon kasih dan anugerah itu, lalu jatuh lebih dalam lagi dengan menghabisi nyawanya sendiri.

Lalu bagaimana dengan Anda? Jika saat ini ada kesalahan yang Anda pikir terlalu besar dan sukar bagi Anda untuk bisa bangkit kembali, pribadi mana yang akan Anda ikuti? Simon Petrus yang menerima kasih dan anugerah itu dan bangkit kembali, ataukah seperti Yudas Iskariot yang gagal memahami besarnya kasih serta anugerah Tuhan? Percayalah, sebesar apa pun kesalahan Anda, kasih dan anugerah-Nya tetaplah sama. Nilai diri Anda di mata-Nya pun tetap sama. Dan DIA menginginkan Anda percaya bahwa DIA sendiri yang akan meneguhkan, menolong, dan memberikan Anda kekuatan untuk bangkit kembali, karena DIA tidak pernah menyerah atas hidup Anda, dan rencana-Nya masih berjalan bagi hidup Anda. (L.A.)

RENUNGAN
SEBURUK APA PUN keterpurukan yang kita alami, ANUGERAH MELIMPAH Tuhan SANGGUP MEMULIHKAN hidup kita.

APLIKASI
1. Adakah kesalahan yang pernah atau sedang Anda lakukan yang membuat Anda merasa tidak layak di hadapan-Nya?
2. Menurut Anda, mengapa Anda merasa tidak layak? Bagaimanakah pemahanan Anda tentang kasih dan anugrah Tuhan bagi Anda?
3. Jika Anda masih tetap terikat dengan kesalahan itu, ceritakanlah kepada KKS Anda dan mintalah bimbingan sampai Anda benar-benar menang atasnya!

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami tahu kasih dan anugerah-Mu sangat besar bagi kami, bahkan jauh melebihi kesalahan-kesalahan kami. Berikan kami kekuatan, ya Tuhan, untuk bisa mengalahkan setiap intimidasi tipu daya iblis dan benar-benar menerima kasih dan anugerah dari-Mu, sehingga kami bisa berkemenangan atas kesalahan-kesalahan, dan kami bangkit kembali. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”