Anugerah Tuhan Yang Menyelamatkan Dari Kesalahan

BACAAN HARI INI
Mazmur 57:1-12

RHEMA HARI INI
Mazmur 57:4 (FAYH) Ia akan mengirimkan pertolongan dari surga untuk menyelamatkan aku karena kasih dan kesetiaan-Nya.

Tak ada gading yang tak retak. Peribahasa ini seolah menegaskan bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini. Begitupun dengan manusia, walaupun diciptakan serupa dan segambar dengan Allah, tapi setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan. Karena itu, ketika Yesus mengatakan “Barangsiapa diantara kamu tidak berdosa, hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan itu.” tidak ada seorang pun yang berani mulai melempar batu. Pernyataan Yesus ini dilontarkan ketika ahli-ahli taurat dan orang-orang farisi membawa kepada-Nya seorang wanita yang kedapatan berbuat zinah (Yohanes 8:2-11). Bahkan mereka yang merasa dirinya paling benar dan suci pun, dalam hati kecilnya tahu, bahwa mereka pun pernah melakukan kesalahan atau berbuat dosa.

Sebagai manusia, melakukan kesalahan adalah sesuatu yang sangat mungkin terjadi, meskipun sebenarnya bisa dihindari bila kita hidup dalam tuntunan Tuhan. Kita tidak perlu berkecil hati bila merasa sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga hidup, perkataan dan perbuatan kita, tapi tetap saja ada kesalahan yang kita lakukan. Pahlawan-pahlawan iman yang begitu hebat sampai namanya tercatat di alkitab pun, tidak luput dari yang namanya kesalahan. Bahkan dalam alkitab ada tertulis bahwa tidak ada seorang pun yang 100 persen benar (Roma 3:10). Abraham, Harun, Daud dan Petrus, adalah beberapa nama yang pernah melakukan kesalahan yang sangat fatal. Padahal mereka bukanlah orang-orang sembarangan. Mereka orang-orang yang dekat dengan Tuhan. Mereka pemimpin yang sangat disegani dan dikagumi. Namun tetap saja mereka adalah manusia biasa yang bisa melakukan kesalahan dan mengalami kegagalan.

Jika saat ini kita telah melakukan kesalahan yang membuat hidup kita rasanya sudah hancur, habis dan seolah masa depan kita sudah tidak ada harapan, jangan berkecil hati. Ini bukanlah akhir dari hidup kita, masih ada kasih karunia dan dukungan Tuhan yang akan menolong kita dari kegagalan dan keterpurukan. Carilah wajah Tuhan, berserulah. Akui kesalahan kita dan ambil langkah untuk pertobatan. Maka Tuhan, oleh karena kasih setia-Nya, akan mengirimkan pertolongan dari surga. Anugerah-Nya yang melimpah sanggup mengubah dari kesalahan pada keajaiban.

RENUNGAN
KASIH KARUNIA dan DUKUNGAN TUHAN akan menolong kita dari KEGAGALAN serta KETERPURUKAN.

APLIKASI
1. Adakah kesalahan yang telah Anda lakukan yang membuat hidup Anda terpuruk saat ini?
2. Setelah membaca renungan hari ini, sudahkah Anda menyadari bahwa masih ada kasih karunia dan anugerah Tuhan yang akan mendukung dan menolong Anda?
3. Apa langkah yang akan Anda ambil supaya kasih karunia dan dukungan Tuhan mengubahkan hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, kami mengucap syukur atas penyertaan-Mu dalam hidup kami. Seburuk apapun keadaan yang kami alami saat ini, Engkau pasti sanggup mengubahkannya menjadi lebih baik. Bapa,hanya Engkau satu-satunya yang kami andalkan dan yang kami percaya. Terima kasih Bapa, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.