Apa Tujuan Anda Saat Memberi ?

BACAAN HARI INI
Matius 25:31-46

RHEMA HARI INI
Matius 25:40 “Dan Raja itu akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku.”

Dengan terkurasnya simpanan nasional akibat perang, Raja Frederick William III dari Prussia melihat bangsanya benar-benar kekurangan dana, sementara ia berupaya membangun kembali negerinya. Ia tidak mau menyerah pada musuh-musuhnya, dan ia tidak ingin mengecewakan rakyatnya, setelah cukup lama merenungkan, ia meminta kaum wanita Prussia untuk menyumbangkan perhiasan emas serta perak mereka untuk dilebur serta digunakan sebagai alat penukar untuk hal-hal yang paling dibutuhkan bangsanya. Kepada setiap wanita yang menyumbangkan perhiasannya, sang raja memberikan “hiasan” perunggu atau besi sebagai lambang rasa terimakasih, pada hiasan tersebut dicetak, “aku menyumbangkan emas ganti besi, tahun 1813.” Responnya luar biasa, kaum wanita menghargai “hiasan” sang raja itu lebih daripada perhiasan mereka sebelumnya. Hiasan tersebut merupakan bukti bahwa mereka telah berkorban demi raja, bahwa mereka sudah berusaha membuat sang raja senang. Malah diawal abad sembilan belas menjadi sangat tidak lazim bagi para wanita Prussia untuk mengenakan perhiasan, dan menjadi mode kalau mereka mengenakan salib dari besi.

Menyenangkan hati Raja diatas segala raja adalah prioritas hidup setiap anak Tuhan, memberkati orang lain yang lebih membutuhkan dan menjadi berkat bagi orang lain adalah perintah Tuhan pada kita semua. Di saat kita memberi karena kita ingin menyenangkan hati Tuhan, saat itulah kita sudah memberi dengan cara yang benar. Marilah kita mulai belajar. Memberi bukan karena berpikir uang kita akan dilipatgandakan 30x, 60x, 100x lipat. Memberi bukan supaya terhindar dari belalang pelahap, bukan supaya kita makin diberkati, tetapi satu hal, supaya Tuhan disenangkan. Amin, Tuhan Yesus memberkati.

RENUNGAN
Tujuan kita memberi seharusnya adalah untuk MENYUKAKAN HATI TUHAN dan menjadi berkat bagi sesama.

APLIKASI
1. Apa yang sering menjadi tujuan Anda ketika memberi ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa terus ajari kami untuk senantiasa menabur agar Engkau makin disukakan. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Mazmur 89-90
Lukas 4:31-44