BABAK BARU YANG PENUH KEMULIAAN SUDAH DATANG

BACAAN HARI INI

2 Korintus 5:11-21

RHEMA HARI INI

2 Korintus 5:17b yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.

Ruth adalah seorang janda yang tinggal bersama Naomi, ibu mertuanya yang juga seorang janda. Secara manusia tak ada yang bisa diharapkan dari kehidupan mereka. Sehari-hari ia memungut jelai gandum yang tercecer saat dipanen. Baginya, masa depan hanyalah mengabdi kepada ibu mertuanya dan bekerja sebaik-baiknya, tanpa harapan bisa melihat sesuatu yang besar dan mulia akan datang dalam hidupnya. Tapi lihatlah apa yang bisa Tuhan kerjakan bagi masa depannya. Tuhan mempertemukan Ruth dengan Boas, pemilik ladang di mana ia memungut jelai gandum, yang kemudian menjadikan Ruth isterinya. Sebuah babak baru pun terjadi dalam hidup Ruth. Babak penuh kemuliaan dan penuh sukacita bahagia, dimana kain kabungnya diubah menjadi tari-tarian oleh Tuhan.

Hal yang sama juga dialami oleh Yusuf ketika ia diangkat menjadi raja muda di Mesir. Setelah 13 tahun masa suram dalam hidupnya, naik turun tidak menentu, dalam sekejap mata ia melihat bagaimana Tuhan mengubah masa lalu nya yang suram menjadi babak baru yang penuh dengan kemuliaan dan sukacita. Ya, jika Tuhan sudah menghendaki pintu terbuka, siapa yang dapat menghalanginya?

Hal yang sama di Perjanjian Lama masih terjadi sampai saat ini. Tuhan yang melakukannya di masa lalu, adalah Tuhan yang sama yang menjanjikan Tahun Kemuliaan bagi kita di masa sekarang ini. Dan jika Tuhan sendiri yang berjanji, Dia pasti akan menepatinya. Masa lalu yang penuh dengan air mata, tekanan, ketidakadilan, kekalahan, stagnasi AKAN DIUBAH MENJADI MASA KEMULIAAN DAN SUKACITA YANG BESAR. Tuhan bisa melakukannya bagi kita. Bagian kita adalah TETAP PERCAYA, MAU MELANGKAH MAJU DAN MENYELESAIKAN APA YANG MASIH BELUM KITA SELESAIKAN DI MASA LALU. Jangan biarkan masa lalu menghambat langkah kaki kita menuju pada janji kemuliaan Tuhan. Sekelam apapun masa lalu kita, lihatlah bagaimana Tuhan BISA DAN AKAN SEGERA menunjukkan kemuliaan-Nya dengan membawa kita masuk kepada babak baru yang penuh sukacita. Haleluya!

RENUNGAN

Percayalah yang lama sudah berlalu dan YANG BARU SUDAH DATANG, yaitu BABAK KEMULIAAN dan BABAK PENUH SUKACITA BAHAGIA.

APLIKASI

1. Adakah peristiwa masa lalu yang belum bisa Anda selesaikan sampai saat ini?
2. Percayakah Anda bahwa Tuhan bisa memberikan masa depan yang penuh kebahagiaan dan sukacita bagi Anda?
3. Apa yang harus Anda lakukan agar janji kemuliaan-Nya benar-benar terjadi atas masa depan Anda?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus, terimakasih atas apapun yang Engkau ijinkan terjadi di masa lalu kami. Kami percaya itu semua tidak membuat kami gagal menggenapi rencana-Mu yang sempurna atas hidup kami. Tapi Engkau turut bekerja di dalamnya untuk mendatangkan kebaikan bagi kami. Kami siap meninggalkan masa lalu kami dan masuk dalam babak baru yang penuh dengan kemuliaan yang sudah Engkau sediakan bagi kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!