Bagian Yang Harus Kita Lakukan

ReKA | Renungan Keluarga Allah
The Power To Get Wealth #1 | Hari #3
Rabu, 10 Februari 2016

BACAAN HARI INI

Ulangan 28:1-14

RHEMA HARI INI

Ulangan 28:2 Segala berkat ini akan datang kepadamu dan menjadi bagianmu, jika engkau mendengarkan suara TUHAN, Allahmu:

Suatu hari di sebuah kelas, seorang guru mengadakan ujian bagi para siswanya. Ujian ini bukan ujian biasa, tetapi ujian yang mengandung perjanjian di dalamnya. Guru berkata bahwa semua murid harus taat membaca satu persatu soal ujian yang diberikan oleh guru sebelum mulai menjawab soal-soal tersebut, murid yang bisa paling cepat menyelesaikan ujian tersebut akan diberi hadiah berupa paket sepatu sekolah, tas sekolah, serta alat tulis. Soal ujian yang diberikan totalnya berjumlah 250 soal. Ketika murid-murid menerima lembaran soal, segera mereka mengambil alat tulis dan sibuk menjawab soal-soal yang tergolong tidak mudah tersebut. Beberapa menit berlalu, kira-kira 15 menit kemudian, berdirilah seorang murid sambil membawa soal ujian serta kertas jawabannya dan mengumpulkannya kepada guru. Tentu saja semua temannya heran dan memandang murid ini dengan takjub, bagaimana mungkin murid ini bisa menjawab 250 soal yang tidak mudah itu hanya dalam waktu 15 menit saja? Namun mereka tidak bisa berkomentar apa-apa, kecuali meneruskan kembali untuk menjawab soal-soal ujian yang ada di hadapannya. Namun, kurang lebih 10 menit kemudian, ada lagi satu bahkan dua orang murid yang juga berdiri, dan mengumpulkan kertas ujiannya. 30 Menit kemudian, guru mengetuk meja untuk meminta perhatian dari semua murid. Guru mengatakan bahwa di soal nomor 249 tertulis: Anda tidak perlu menjawab semua soal diatas. Hanya tulislah nama, kelas dan nomor absensi Anda di pojok kiri atas lembar jawaban. Lalu soal nomor 150 tertulis: Pelajaran apa yang Anda dapatkan dari ujian hari ini? Poin dari ujian ini adalah untuk mengukur kadar ketaatan setiap murid, apakah menjalankan sesuai dengan instruksi guru atau tidak. Murid yang taat menjalankan sesuai instruksi guru, akan bisa cepat menyesaikan ujiannya dan mendapatkan hadiah dari guru.

Berapa banyak kali dalam hidup kita, kita main tabrak sana sini, mengatur hidup kita seenak pikiran kita sendiri, lalu kita mengalami kesulitan, berbeban berat, kekurangan, tidak mengalami anugerah serta berkat Tuhan? Penyebabnya adalah karena kita tidak mau taat pada kehendak dan ketetapan Tuhan, padahal Tuhan sudah menyediakan begitu banyak anugerah serta berkat asal kita mau taat mengikuti apa yang menjadi ketetapan Tuhan.

Pilihan terbaik dalam hidup kita adalah mentaati Tuhan, sebab perjanjian berkat dari Tuhan hanya berlaku apabila kita sudah mengerjakan bagian kita yaitu mentaati Firman-Nya. Untuk menerima keselamatan memang gratis karena harganya sudah dibayar lunas oleh Tuhan Yesus, tetapi untuk menerima anugerah hidup kelimpahan dari Tuhan, maka kita harus mengerjakan bagian kita dengan sebaik-baiknya.

RENUNGAN

Dalam perjanjian berkat antara kita dengan Tuhan, ada JANJI BERKAT DARI TUHAN dan ada BAGIAN KETAATAN yang harus kita lakukan.

APLIKASI

Langkah ketaatan apa yang akan Anda lakukan untuk bisa mengalami berkat Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI

Kami mau taat terhadap setiap kehendak dan rencana-MU Tuhan, kami percaya janji-MU ya dan amin, pasti Kau genapi dalam hidup kami. Terimakasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

2 Raja-raja 5-8