Bangkit Dan Jadilah Terang Di Tengah Kegelapan

BACAAN HARI INI
Matius 5:13-16

RHEMA HARI INI
Matius 5:14-15 Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi. Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu.

Santi sama sekali tidak mengira bahwa banjir akan menerjang daerah tempat tinggalnya di hari pertama tahun 2020 ini. Ketinggian air yang mencapai lebih dari 1,5 meter, membuat lantai dasar rumahnya terendam air. Untunglah Santi dan keluarganya masih sempat menyelamatkan barang-barang mereka ke lantai dua dan tiga rumah mereka. Suasana mencekam dan bingung melanda penduduk disekitar yang terkena serbuan banjir. Banyak yang tidak seberuntung Santi masih bisa bertahan di lantai atas rumahnya. Deretan rumah-rumah padat penduduk di depan dan samping rumah Santi, kini hanya nampak bagian atasnya saja.

Merasa iba dan tergerak untuk menolong tetangga-tetangganya, Santi membuka rumahnya bagi mereka yang rumahnya terendam banjir. Terutama ibu dan balita, anak-anak dan lanjut usia, mereka diterima dengan baik oleh Santi dan keluarga. Ia mengeluarkan semua persediaan makanan yang ada untuk mereka makan bersama-sama. Saat malam menjelang dan kegelapan mulai datang karena listrik padam, Santi dan anak-anaknya memainkan gitar dan menyanyikan lagu-lagu pujian. Walaupun tidak semua tetangganya seiman dengan Santi, namun mereka merasa terhibur, hati mereka yang sedih dan gundah dikuatkan kembali.

Seperti ketika kita sedang dalam gedung bioskop yang gelap, sekecil apapun sinar yang dinyalakan, maka perhatian semua orang akan tertuju pada cahaya tersebut. Sekecil apapun tindakan untuk membawa terang yang bisa kita lakukan, akan nampak jelas di tengah kegelapan yang menyelimuti kita. Mungkin jika saat ini kita sedang ada dalam kegelapan, tak bisa melihat setitik terangpun dalam kehidupan kita. Kehilangan harapan seakan tak ada jalan keluar, hidup rasanya dipenuhi ketakutan, kekhawatiran dan ketidakpastian. BANGKITLAH! Bangun! Sadarlah! Jangan tenggelam dalam kesedihan dan masalah. Jangan pasrah pada nasib. Kita punya Allah yang perkasa dan luar biasa. Bangkit dan jadilah terang bagi sekeliling kita. Biarpun masih hal kecil yang bisa kita lakukan, namun saat kita MAU bangkit, cahaya kemuliaan Tuhan akan memancar terang benderang dari dalam hidup kita. Tuhan telah membawa terang dalam hati kita dan inilah saatnya untuk membagikan terang kemuliaan Tuhan pada orang-orang di sekitar kita.

RENUNGAN
Ketika sekeliling kita terasa gelap, BANGKITLAH dan JADI TERANG bagi sekeliling kita.

APLIKASI
1.    Apakah saat ini Anda merasa ada kegelapan di sekeliling Anda? Tentang apakah itu?
2.    Apa yang dapat Anda lakukan untuk menjadi terang bagi orang-orang di sekitar Anda?
3.    Mengapa Tuhan ingin agar kita bangkit dan menjadi terang?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan, terima kasih Engkau selalu memberi kekuatan pada kami, bahkan di saat-saat tergelap kami sekalipun. Kami percaya di tahun 2020 ini Engkau akan memakai kami lebih lagi untuk memancarkan terang-Mu bagi sekeliling kami sehingga nama-Mu semakin dipermuliakan. Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami berdoa. Amin