BEBAN YANG TIDAK DITANGGALKAN BISA MENENGGELAMKAN HIDUP KITA

RHEMA HARI INI

Ibrani 12:1 Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita.

Dari hasil investigasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), ada beberapa faktor yang menyebabkan kapal bisa tenggelam. Selain keadaan cuaca dan medan yang buruk serta kondisi kapal, kelebihan muatan merupakan salah satu penyebab yang paling banyak ditemukan. Muatan yang melebihi kapasitas yang bisa ditampung kapal menyebabkan overdraft atau tidak leluasanya pengendalian kapal. Satu-satunya cara untuk terhindar dari bahaya tenggelam akibat kelebihan muatan adalah dengan mengurangi jumlah beban muatan.

Begitu pula dengan kita sebagai manusia. Dalam hidup ini kita memang tidak bisa menghindar dari beban, tetapi beban yang melebihi kapasitas kita untuk menanggungnya, akan berpotensi menenggelamkan hidup kita. Yang menjadi masalah adalah, seringkali kita tidak menyadari adanya beban-beban yang tidak seharusnya kita tanggung. Dengan banyaknya peristiwa dan masalah yang datang silih berganti dalam hidup kita, terkadang kita lupa untuk membuang yang tidak kita perlukan. Sehingga tanpa kita sadari, beban itu makin menumpuk dan kita bawa-bawa sepanjang hidup kita.

Perasaan kecewa yang terus kita simpan, bisa membuat hidup kita tenggelam dalam kepahitan. Kesalahan fatal yang belum kita bereskan bisa terus menghantui kehidupan kita, dan terlalu memikirkan segala sesuatu pun bisa membuat sukacita kita tenggelam oleh pikiran yang berbeban berat. Ingatlah, kegagalan di masa lalu bukan berarti harga mati yang menentukan masa depan kita. Jika kita terus merasa terintimidasi, hidup kita akan benar-benar tenggelam sampai ke dasar. Semua beban berat ini harus kita tanggalkan jika kita ingin melangkah maju dan meraih rencana besar yang sudah Tuhan sediakan. Mari kita periksa hidup kita, carilah beban-beban tidak perlu yang sudah memberatkan hidup kita selama ini. Segera ambil langkah untuk membereskan apa yang bisa kita bereskan, dan buang keluar yang memang tidak bisa kita ubah. Dengan begitu kita akan dapat bangkit menjadi orang-orang yang tidak tertenggelamkan. (PF)

RENUNGAN

Apa pun BEBAN yang tidak kita tanggalkan, akan bisa MENENGGELAMKAN hidup kita.

APLIKASI

1. Beban apa sajakah yang memberatkan hidup Anda selama ini?
2. Cobalah periksa, apakah beban-beban itu memang perlu atau seharusnya Anda tanggalkan agar tidak membuat hidup Anda tenggelam?
3. Apa yang Anda rasakan setelah Anda menanggalkan beban berat yang selama ini Anda pikul?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, terimakasih Engkau sudah mengingatkan kami, untuk tidak mencoba membawa beban berat yang tidak mampu kami tanggung. Tolong kami untuk menanggalkan segala beban yang tidak kami perlukan, sehingga hidup kami tidak tenggelam melainkan terus naik dan maju menuju rencana-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!