BELAJAR MENANTIKAN TUHAN DENGAN SIAP SIAGA

RHEMA HARI INI

Lukas 21:36 Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia.”

Selain faktor founder dan produknya sendiri, sebuah startup belum tentu bisa berhasil. Terlebih untuk menjadi unicorn, diperlukan dukungan investor awal yang kuat. Investor awal ini biasa disebut angel investor. Mereka inilah yang menjadi pihak paling awal, yang percaya dan berani mengambil risiko terhadap satu konsep startup di saat investor lain tidak berani mengambil peluang. Salah satu angel investor di Indonesia adalah Victor Fungkong yang berhasil mengembangkan Tokopedia. Saat banyak investor lain masih tergagap akan perkembangan startup Tokopedia, Victor Fungkong justru berani menangkap itu sebagai peluang dan bersedia mendanai tahap-tahap awal perintisan Tokopedia. Karena kerja keras dan keyakinan visi mereka, setelah beberapa tahun berjalan, kini Tokopedia telah berhasil menjelma menjadi sebuah unicorn yang berpengaruh tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara.

Cerita di atas menggambarkan bagaimana seseorang yang telah memiliki kesiapan dan mampu melihat peluang akhirnya bisa menjadi pemenang. Bagaimana bisa seorang Victor Fungkong berani berkomitmen untuk berinvestasi sebesar Rp 2,4 miliar di Tokopedia di saat para investor Indonesia belum terbiasa dengan bisnis teknologi informasi? Ternyata selama itu Victor sudah punya pengalaman di bisnis internet dengan membangun startup sejak 2000 di Amerika Serikat. Itu berarti Victor sudah memiliki kesiapan matang sebelum akhirnya Tokopedia berdiri di tahun 2009.

Sama halnya dengan relasi kita dengan Tuhan, kita pun harus menantikan Tuhan dengan siap sedia. Kita harus tahu dan bisa merasakan kapan saja Tuhan bergerak sehingga kita mampu cepat meresponi. Kesiapan inilah yang akan memastikan kita bisa berada di urutan terdepan untuk menerima apa yang Tuhan mau berikan kepada kita. Seperti kisah orang-orang yang menanti di Kolam Bethesda, ketika malaikat turun untuk menggoncangkan airnya, orang pertama yang siap siaga untuk terjun ke air itulah yang akan mendapatkan kesembuhan. Itu sebabnya mari kita belajar untuk menantikan Tuhan dengan siap siaga. Jangan pernah lagi kita menunda-nunda momentum gerakan Tuhan. Mari segera kerjakan apa yang Tuhan perintahkan karena itulah yang akan memastikan penggenapan janji Tuhan terjadi nyata dalam hidup kita.

RENUNGAN

Belajarlah MENANTIKAN TUHAN dengan SIAP SIAGA sehingga penggenapan janji Tuhan nyata dalam hidup kita.

APLIKASI

1. Menurut Anda, bagaimana yang disebut menantikan Tuhan dengan siap siaga?
2. Mengapa Anda perlu belajar untuk selalu siap siaga dalam menantikan Tuhan?
3. Kemenangan apa yang Anda pernah dapatkan, ketika Anda siap siaga dan segera meresponi petunjuk dari Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, terimakasih atas pengajaran-Mu pada malam hari ini. Ajari kami untuk senantiasa siap siaga dalam menanti-nantikan Engkau. Supaya kami dengan bersegera bisa meresponi petunjuk-Mu yang menuntun kami pada kemenangan. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!