Belajar Mencukupkan Diri

Renungan Keluarga Allah
Rabu, 22 Februari 2017

BACAAN HARI INI

Filipi 4:6-13

RHEMA HARI INI

Filipi 4:11 Kukatakan ini bukanlah karena kekurangan, sebab aku telah belajar mencukupkan diri dalam segala keadaan.

Kapankah kita pernah merasa cukup? Tidak peduli seberapa keras kita bekerja dan menghasilkan uang, bukankah rasanya selalu ada yang kurang? Selalu ada barang-barang keren yang ingin kita beli atau tempat makan nge-hits yang mau kita coba. Awalnya, mungkin kita hanya mengikuti teman-teman kita, tetapi lama-lama, kita pun terjatuh ke dalam gaya hidup konsumerisme. Kita baru merasa bahagia ketika kita mendapatkan sesuatu yang kita inginkan, dan puas saat kita sudah mencoba hal-hal yang sedang menjadi perbincangan banyak orang. Kita tidak lagi menimbang apakah sebenarnya kita benar-benar membutuhkannya atau hanya sekedar ingin. Apalagi kini banyak tempat yang menawarkan berbagai kemudahan cicilan dengan menggandeng berbagai kartu kredit. Pada akhirnya, selalu ada tagihan-tagihan baru yang harus kita bayar, yang setiap harinya kian membengkak. Tabungan pun terkuras dan yang tersisa hanya hutang.

Ya, jika kita tidak berhati-hati, uang dapat menjadi masalah besar. Kecuali kita belajar untuk merasa cukup, kita tidak akan pernah bisa keluar dari jerat hutang yang membayangi hidup kita. Memang tidak mudah untuk mengubah gaya hidup, lebih-lebih jika kita sudah terbiasa. Namun bukan berarti tidak mungkin. Dalam suratnya, Rasul Paulus pernah mengatakan bahwa ia belajar mencukupkan diri dalam segala keadaan. Ia belajar. Ya, rupanya rasul sebesar dirinya pun pernah merasakan kekurangan dan kelaparan. Kemudian, ia melanjutkan kisahnya dengan membagikan kunci rahasia yang membuatnya sanggup menanggung semua kesusahannya. Jawabannya tidak lain dan tidak bukan adalah Tuhan sendiri. Karena Tuhanlah yang akan memberikan kekuatan kepada anak-anak-Nya yang membutuhkannya.

Jika hari ini Anda sedang berkekurangan atau terlilit hutang, yakinlah bahwa Tuhan tidak pernah meninggalkan Anda tanpa mengulurkan tangan-Nya. Jika Anda mau berbalik dari cara-cara Anda yang salah dalam menggunakan uang, Dia dapat menuntun Anda keluar dari hutang-hutang Anda. Bahkan, Dia dapat mengajari Anda agar dapat menggunakan uang dengan cara yang membawa kemuliaan bagi-Nya. (MV.L)

RENUNGAN

Jika kita KURANG MEMILIKI RASA MENCUKUPKAN DIRI dari apa yang ada, maka hutang akan semakin menjerat kita dan kita pun HIDUP DARI HUTANG

APLIKASI

  1. Bagaimana cara Anda memandang keuangan Anda selama ini? Apakah Anda cenderung merasa cukup atau kurang?
  2. Menurut Anda, perlukah untuk belajar merasa cukup, apa pun kondisi Anda sekarang ini?
  3. Apa yang dapat Anda lakukan untuk mulai hidup dengan membangun rasa berkecukupan?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa yang baik, ampuni kami apabila selama ini kami selalu merasa kurang. Bimbing kami, ya, Roh Kudus, agar kami memiliki hati yang senantiasa merasa cukup dan mampu untuk menggunakan uang kami dengan bijaksana. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Hosea 1-7