Berdoa Setiap Waktu = Berbicara Dengan Tuhan Setiap Waktu

RHEMA HARI INI
Efesus 6:18 “dalam segala doa dan permohonan. Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus.”

Ada sepasang suami istri Dhillon dan Sarah. Walau menghadapi kendala kesehatan dan usia, kehadiran sang janin tetaplah membawa sukacita bagi keluarga Dhillon. Namun kehamilan Sarah kali ini ternyata mengandung resiko yang besar. Memasuki kehamilan minggu ke-15, ia bahkan mengalami pendarahan yang parah selama berhari-hari. Waktu difoto itulah terlihat dalam rahim Sarah ini ada tumor dengan garis tengahnya sepanjang 10 cm. Pertumbuhan janin terancam karena tumor ini. Kalaupun kandungan ini akan dipertahankan, menurut dokter spesialis mereka tetap akan mendapatkan bayi yang tidak normal yang pertumbuhannya terbelakang. Itu merupakan satu pukulan yang cukup berat bagi mereka. Dokter mengatakan kalau pendarahan Sarah ini tidak berhenti juga maka demi menyelamatkan jiwa Sarah, janin ini harus digugurkan. Sarah mengatakan kepada Tuhan, kalau kandungan ini tidak sesuai dengan rencana Tuhan, Tuhan boleh ambil. Suami Sarah setiap hari membawa Sarah dalam doanya, dia membawa wajahnya bersujud menyembah Tuhan. Suami Sarah berdoa, jika Tuhan yang sudah memberi janin maka Tuhan juga dapat menolong kami keluar dari keadaan ini. Akhirnya Tuhan mendengar doa mereka, pendarahan Sarah berhenti setelah memakan waktu 26 hari. Menurut dokter sesuatu yang aneh telah terjadi. Janin Sarah tetap bertumbuh walau kondisi fisik Sarah buruk sekali. Usia saja yang 37 tahun adalah usia resiko tinggi untuk mengandung. Tapi anehnya janin Sarah bertumbuh seperti janin orang lainnya, detak jantungnya kedengaran kuat sekali, janin yang sehat.Demi keselamatan hidupnya, rahim Sarah harus diangkat dengan operasi. Keputusan yang sangat berat bukan saja bagi Sarah namun juga bagi suaminya, Dhillon. Dhillon bergumul dalam doa bagi keadaan istrinya. Dalam doa mereka yakin bahwa Tuhan pasti memberi jalan keluar. Sesungguhnya Tuhan selalu mendengar doa umatNya. Sarah kembali difoto USG saat kandungannya berusia 8 bulan. Ternyata menurut dokter kepala bayi sudah masuk ke dalam bagian panggul. Kenyataan ini memberi kemungkinan kepada Sarah untuk dapat melahirkan tanpa harus melalui operasi caesar. Akhirnya tanggal 15 Februari 1995 tibalah waktunya baginya untuk melahirkan anak ketiganya itu. Waktu akan melahirkan terjadi lagi sesuatu yang ajaib yang berasal dari Tuhan. Proses melahirkan itu begitu mudahnya. Begitu selesai melahirkan, dokter datang dan mengatakan bahwa Sarah memiliki seorang bayi laki-laki dan bayi ini normal.

Dalam kisah di atas, Dhillon dan Sarah berdoa setiap waktu sehingga mengalami mujizat anaknya bisa lahir dengan selamat. Doa seharusnya menjadi kunci pembuka dipagi hari dan gembok pelindung dimalam hari. Percayalah, doa memberi kekuatan kepada orang lemah, membuat orang tidak percaya menjadi percaya, dan memberi keberanian kepada orang yang takut. Apabila kita berdoa saat kesulitan, doa itu akan meringankan kesulitan kita. Apabila kita berdoa pada saat gembira, doa itu akan melipatgandakan kegembiraan kita. Bila akhir-akhir ini kita tidak atau jarang berdoa, sekaranglah waktunya untuk memulai kembali. Komunikasi langsung dengan Tuhan melalui doa dapat menciptakan keajaiban bagi diri kita sendiri dan bagi orang lain. Berdoa setiap waktu bukan berarti kita di kamar kita atau digereja 24 jam sehari dan 7 hari seminggu untuk berdoa secara khusuk, serta tidak punya waktu untuk bekerja, belajar, berolah raga, bermain bersama keluarga, jalan-jalan. Doa bahasa sederhananya adalah berbicara dengan Tuhan sehingga kita bisa bicara dengan Tuhan dimanapun dan kapanpun kita berada dalam kehidupan sehari-hari kita. Sadarlah bahwa BERDOA SETIAP WAKTU artinya adalah berbicara dengan Tuhan setiap waktu dalam kehidupan sehari-hari. (ABU)

RENUNGAN
Sadarlah bahwa BERDOA SETIAP WAKTU artinya adalah berbicara dengan Tuhan setiap waktu dalam kehidupan sehari-hari.

APLIKASI
1. Berapa kali anda berdoa dalam sehari ?
2. Sudahkah anda merasa dekat dengan Tuhan dengan doa anda setiap hari itu ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa kami mau berkomitmen untuk lebih meningkatkan doa kami setiap hari agar kami makin dekat dan akrab dengan Engkau. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN :
Imamat Pasal 14
Matius Pasal 26 ayat 57-75