Berhenti Mengeluh, Dan Bersyukurlah [RESIKA]

BACAAN HARI INI

1 Tesalonika 5:12-22

RHEMA HARI INI

1 Tesalonika 5:18 Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.

Sangat mudah mengatakan ‘semua baik’ saat semua keadaan kita baik, tapi bagaimana saat kita mengalami yang tidak baik? Pasti tidak mudah mengatakannya. Seorang jemaat yang baru bergabung di gereja Keluarga Allah kira-kira satu tahun yang lalu memberikan kesaksian yang luarbiasa. Dimana satu tahun yang lalu, ibu tersebut yang saat itu berprofesi sebagai perawat, mengikuti ibadah doa puasa dan minta didoakan karena ia baru saja di PHK dari rumah sakit tempat ia bekerja. Ia sangat bingung karena keluarganya juga benar-benar mengandalkan penghasilan ibu tersebut. Ia sudah sangat khawatir. Namun, ketika ibu tersebut mulai mengimani dan mempraktekkan perkataan profetik, dengan UCAPAN SYUKUR, serta kesetiaannya dalam membangun mezbah bagi Tuhan di Pondok Daud, ia sungguh MENGALAMI MUJIZAT. Tiba-tiba saja ada orang yang menawarkan ibu tersebut untuk membuka klinik sendiri! Bahkan ia bersaksi bagaimana hanya dalam waktu 1 bulan, klinik barunya sudah mendapatkan 300 klien tetap!

Dalam hal ini, kita juga bisa belajar dari Nuh. Dimana saat segala sesuatunya “porak poranda”, ia tidak menjadi lemah, ia bangkit dan berjuang untuk mencapai rencana Allah atas hidupnya bahkan bumi saat itu. Memang benar ia dikelilingi oleh keadaan yang begitu kacau balau serta sangat berantakan. Tetapi ia tidak ciut hati. Ia tidak berkecil hati. Ia kuatkan hatinya dan mulai menata semuanya satu demi satu. Mungkin ia sadar tidak bisa memperbaiki semuanya dalam sekejap, tetapi IA MELAKUKAN DENGAN SETIA. KETIMBANG HANYA BERSUNGUT-SUNGUT DAN MENGELUH, Nuh lebih memilih untuk BERANI MEMULAI langkah demi langkah, bahkan hal terpenting ketika air bah sudah reda dan Nuh keluar dari bahtera, ia mendirikan mezbah dan mempersembahkan korban bakaran bagi Tuhan. Tuhan sangat disukakan dengan apa yang dilakukan Nuh, sehingga janji Tuhan digenapi atas Nuh dan keluarganya.

Firman Tuhan hari ini mengingatkan kepada setiap kita bahwa ‘ucapan syukur adalah kunci janji Tuhan digenapi atas hidup kita’. Seporak-poranda apa pun hidup kita saat ini, BERHENTI MENGELUH dan MULAILAH MEMBANGUN. Masih banyak harapan! Masih bisa! Masih mungkin! Pintu belum tertutup! Pertandingan belum selesai! Anda bisa menyusul bahkan melepaskan tawanan dan mengalami kemenangan! Tuhan Yesus memberkati.

RENUNGAN

Seporak-poranda apa pun hidup kita saat ini, BERHENTI MENGELUH dan MULAILAH MEMBANGUN.

APLIKASI

1. Respon seperti apakah yang Anda lakukan saat Anda mengalami masa-masa yang berat? Mengeluh atau mengucap syukur? Mengapa?
2. Hal apakah yang masih membuat Anda sulit untuk mengucap bersyukur?
3. Tuliskan apa yang menjadi komitmenmu kepada Tuhan dalam menghadapi setiap pergumulan yang diijinkan terjadi dalam hidupmu!

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus, kami mengucap syukur untuk siang hari ini. FirmanMu sudah mengingatkan kami untuk mengucap syukur dalam segala keadaan. Mampukan kami ya, Allah Roh Kudus, sehingga dalam segala situasi kami tetap bisa berkata “semua baik”, sebab kami tahu bahwa Tuhan yang kami sembah adalah Tuhan yang berkuasa melakukan segala sesuatu yang terbaik dalam hidup kami. Terimakasih, Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami sudah berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!