Berjuang Membawa Banyak Orang Ke Gereja

ReSIKA: Renungan Siang Keluarga Allah

BACAAN HARI INI
Lukas 14:15-24

RHEMA HARI INI
Lukas 14:23 Lalu kata tuan itu kepada hambanya: Pergilah ke semua jalan dan lintasan dan paksalah orang-orang, yang ada di situ, masuk, karena rumahku harus penuh.

“Wajahmu lesu amat Lin, kaya engga tidur 3 hari.” komentar Any saat bertemu Lina di kantor. Memang hari itu wajah Lina kelihatan begitu penat dan kurang tidur. “Iya, tadi malam harus menjaga ayahku An, menjelang pagi baru aku bisa tidur.” jawab Lina. Ayah Lina memang sedang sakit, sekitar 2 tahun yang lalu ayahnya terkena stroke. Dan sekarang ayahnya harus mendapat perhatian khusus. Any sedih dan prihatin melihat sahabatnya yang sering terlihat kelelahan. Memang merawat orang sakit tidak mudah, apalagi ayah Lina dulunya sangat aktif. Sekarang gerakannya sangat terbatas dan harus menggunakan kursi roda. Hal ini membuat ayah Lina kesal dan putus asa. Ada saja permintaan dan ulah ayahnya yang membuat Lina dan ibunya kewalahan.

Jumat malam Any mendapat kiriman link live streaming Miracle Night Service, dan ia meneruskannya pada Lina. Keesokan paginya Lina menulis pesan, bahwa semalam ia melihat live streaming sambil menjaga ayahnya. Lina merasa sangat sangat diberkati dan dikuatkan, dan yang lebih luar biasa, ayah Lina ikut melihat dan mengikuti MNS sampai selesai. Semangat ayah Lina yang tadinya patah, seakan mendapat kekuatan dan harapan baru. Lina menyampaikan ayahnya ingin didoakan dan ingin datang ke acara MNS. Sungguh hati Any senang sekali, ia segera menghubungi gereja agar tim doa bisa mengunjungi dan mendoakan ayah Lina. Dengan semangat yang dibangkitkan kembali, kesehatan ayah Lina maju pesat. Keluarga Lina menyambut baik undangan Any untuk datang beribadah bersama-sama.

Kerinduan Bapa kita adalah sebanyak mungkin jiwa diselamatkan. Bapa rindu rumah-Nya dipenuhi jiwa-jiwa yang akan Dia berkati. Tugas kita sebagai anak adalah mengundang sebanyak mungkin orang untuk bisa datang ke gereja, disana mereka bisa digembalakan dan dimuridkan dengan baik. Usahakan dan perjuangkan dengan segenap hati supaya banyak orang bisa mengenal Tuhan dan menerima keselamatan. Tentu merupakan suatu kerinduan juga bagi kita untuk melihat hidup banyak orang yang kita kasihi diubahkan. Jangan sia-siakan momen pintu yang sudah terbuka ini, undang saja dan biarkan Roh Kudus yang bekerja menjamah hati mereka sesuai dengan rencana-Nya. (PF)

RENUNGAN
Dengan SEGENAP HATI dan PENUH PERJUANGAN, undanglah sebanyak mungkin jiwa DATANG KE GEREJA.

APLIKASI
1. Apakah Anda memiliki rasa terbeban untuk dapat membagikan keselamatan yang sudah Anda terima? Apa yang ingin Anda lakukan?
2. Sudahkah Anda mencoba mengundang orang untuk beribadah? Apa yang menghalangi Anda?
3. Cobalah memulai dengan mengundang datang KKR, retret encounter, komsel atau mengirimkan renungan dan rekaman kotbah gereja kita.

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, Engkau tahu kerinduan hati kami untuk jiwa-jiwa. Bantu kami Bapa untuk menyingkirkan setiap keraguan. Beri kami keberanian dan hikmat kreativitas untuk mengundang orang datang ke rumah-Mu. Terimakasih Bapa, didalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Pentingnya senantiasa membangun persekutuan dengan Tuhan terus-menerus.

Kita tahu bahwa tanpa hubungan yang intim dengan Roh Kudus sebenarnya kita ini kosong. Itu sebabnya gereja kita sangat mendorong bahkan menyediakan fasilitas supaya jemaat bisa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan melalui ReKA (Renungan Keluarga Allah) yang dibagikan kepada setiap jemaat setiap pagi.

Tetapi sebenarnya, untuk sebuah pertumbuhan rohani yang sehat, kuat, serta konsisten, kita tidak cukup hanya bersekutu dengan Tuhan 1x di pagi hari saja, melainkan kita harus melakukannya dengan konsisten, setiap saat bersekutu dengan Tuhan.

Secara jasmani saja, kita bisa saja makan 1x dalam 1 hari, tetapi kekuatan tubuh kita tidak akan bisa maksimal jika dibandingkan dengan kalau kita makan 3x sehari. Demikian juga dalam hal minum obat, kebanyakan obat harus diminum 3x sehari supaya tubuh kita yang sakit bisa segera sembuh. Oleh sebab itu bagaimana mungkin kita bisa berpikir bahwa roh kita bisa kuat kalau kita hanya memberi makan roh kita 1x sehari saja? Kita perlu memberi makan manusia roh kita setidaknya 3x sehari, sama seperti kita memberi makan manusia jasmani kita.

Kita bisa melihat Tuhan Yesus, teladan yang sempurna bagi kita semua. Bagaimana IA terus-menerus membangun hubungan yang intim dengan Bapa-Nya. Pagi-pagi benar, ketika hari masih gelap, Tuhan Yesus sudah duduk diam di bawah kaki Tuhan. Siang hari di tengah-tengah kesibukan-Nya melayani orang-orang yang membutuhkan mujizat-Nya, Tuhan Yesus melepaskan diri dari keramaian dan datang kembali kepada Tuhan. Malam hari, ketika kebanyakan orang sudah tidur, Tuhan Yesus menyediakan waktu khusus untuk bersekutu dengan Tuhan.

Begitu juga dengan kehidupan Daud. Dikatakan di dalam Alkitab bahwa 7x dalam sehari Daud memuji-muji Tuhan. Ini artinya Daud memiliki persekutuan yang konsisten dan terus-menerus dengan Tuhan. Demikian juga dengan Daniel. 3x sehari Daniel berlutut, berdoa, serta memuji Allah. Smith Wigglesworth, hamba Tuhan yang dipakai Tuhan membangkitkan banyak orang mati, berkata ia tidak berdoa lebih dari 15 menit, tetapi ia tidak akan melewatkan 15 menit berlalu tanpa berdoa. Tidak heran jika orang-orang besar yang dipakai Tuhan luar biasa itu memiliki kehidupan roh yang kuat, mantap dan penuh kuasa.

Itulah sebabnya mengapa penting sekali bagi kita untuk terus-menerus membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan. Namun, kendala yang terjadi di banyak kehidupan kita sehari-hari adalah seringkali kita lupa bersekutu dengan Tuhan saat kita sudah disibukkan dengan berbagai macam hal yang harus kita kerjakan sepanjang hari itu. Itu sebabnya saat ini ReKA hadir 3x dalam sehari untuk mengingatkan kita supaya senantiasa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan terus-menerus sepanjang hari. Dengan adanya ReKA setiap pagi, siang, dan malam ini, maka kita akan terus didorong membangun persekutuan yang intim, kuat, dan konsisten dengan Tuhan sehingga manusia roh kita semakin lama akan semakin dibangun dan dikuatkan untuk melakukan hal-hal yang besar bagi kemuliaan Tuhan.