Berlatih Menguasai Tubuh

ReKA Audio

n

Klik tombol segitiga untuk mendengarkan pembacaan Renungan Keluarga Allah hari ini.

Bacaan Alkitab Setahun

yeh1820

Klik gambar diatas untuk membaca dan mendengarkan pembacaan Alkitab Setahun untuk hari ini.

Renungan Keluarga Allah | Jumat, 07 April 2017

BACAAN HARI INI

1 Korintus 9:23-27

RHEMA HARI INI

1 Korintus 9:27 Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak.

Dalam salah satu animasi Disney tahun 1934, kita dapat melihat seekor kura-kura bertanding lari dengan kelinci yang memiliki kecepatan melebihi anak panah. Beberapa detik setelah pertandingan mulai, ia telah melesat jauh. Lalu ia berhenti, melihat ke belakang dan menertawakan kura-kura. Untuk mengejek kelambanan lawannya, kelinci ini memutuskan untuk tidur sejenak. Ia bahkan sempat mengobrol dengan kelinci-kelinci lainnya serta bermain panahan, bisbol dan tenis. Ketika mendengar sorak-sorai di dekat garis finish, ia baru berhenti bermain dan mulai berlari kembali. Namun, tidak peduli secepat apa pun kelinci berlari, ia dikalahkan si kura-kura.

Seberapa banyak dari kita yang seperti kelinci itu? Awalnya kita melesat dalam hubungan kita dengan Tuhan. Namun di satu titik, kita merasa kerohanian kita baik-baik saja. Kita pun menjadi lengah dan mulai mudah teralihkan. Pada saat seharusnya kita berdoa dan bersaat teduh, entah kenapa rasanya lebih enak jika kita kembali tidur. Malam hari setelah menyelesaikan semua pekerjaan dan hendak berdoa, tiba-tiba saja ada acara bagus di TV atau media sosial kita terasa lebih menarik. Kita pun menunda-nunda waktu kita untuk bertemu Tuhan. Tanpa kita sadari, kita terbiasa menyerah pada keinginan daging kita. Akhirnya hubungan kita dengan Tuhan mengering dan kita pun meninggalkan kasih mula-mula.

Dalam surat Korintus, Paulus mengingatkan bahwa kehidupan kekristenan seumpama sebuah pertandingan. Kita harus selalu menanamkan tujuan kita yang sebenarnya dalam pikiran kita. Jangan mau teralihkan dan menghabiskan waktu kita dengan berbagai hal yang dunia ini tawarkan. Jangan buka celah bagi Iblis untuk dapat merusak hubungan kita dengan Tuhan. Kita harus bisa melawan. Seperti Paulus yang mengatakan bahwa ia melatih tubuhnya, kita juga harus melatih kedagingan kita. Belajarlah untuk menguasai diri. Sampai daging kita tunduk pada keinginan roh dan kita pun bisa komit berdoa.

RENUNGAN
Kita perlu MELATIH dan MENGUASAI TUBUH kita, karena Iblis akan berusaha dengan berbagai macam cara untuk MENGHALANGI KITA BERDOA

APLIKASI

  1. Apa saja hal dan juga kondisi yang menghalangi Anda untuk berdoa selama ini?
  2. Apakah yang dimaksud dengan melatih dan menguasai tubuh? Sudahkah Anda melakukannya?
  3. Apa saja yang dapat Anda lakukan untuk mulai melatih tubuh dan menguasai kedagingan Anda?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, kami menyadari ada banyak hal yang menghalangi kami untuk datang dalam doa kepada-Mu. Bantulah kami untuk memperbaharui komitmen kami dalam berdoa. Kami mau belajar untuk melatih dan menguasai tubuh kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”