Berserah Total Dan Taat

BACAAN HARI INI

Kisah 20:17-38

RHEMA HARI INI

Kisah 20:22 Tetapi sekarang sebagai tawanan Roh aku pergi ke Yerusalem dan aku tidak tahu apa yang akan terjadi atas diriku di situ

Sebuah kapal perang ikut serta dalam latihan perang di tengah cuaca yang buruk selama berhari-hari. Di suatu rembang petang, saat kekelaman malam hampir menyelimuti lautan yang berkabut, kapten kapal itu memutuskan untuk tetap berada di anjungan guna mengawasi keadaan. Pengintai di sayap anjungan melaporkan bahwa ada sinar di sebelah kanan kapal. Kapten bertanya apakah benda itu diam atau bergerak. Pengintai itu menjawab, “Diam Kapten.” Itu berarti mereka akan bertabrakan. Kapten itu memanggil pemberi isyarat, “Beri tanda pada kapal itu untuk mengubah arah 20 derajat ke utara.” Dari sana muncul balasan: “Ubah arah Anda 20 derajat ke selatan.” Kapten itu berkata, “Kirimkan tanda: Saya Kapten. Ubah arah Anda 20 derajat ke arah utara.” Jawaban dari sana: “Saya seorang pelaut kelas dua. Ubah arah Anda 20 derajat ke selatan dengan segera.” Saat itulah sang kapten marah. Dia berkata, “Kirim: Saya adalah kapal perang. Ubah haluan Anda 20 derajat ke utara.” Dari sana ada jawaban: “Ubah haluan Anda 20 derajat ke selatan. Saya Mercusuar.”

Mercusuar adalah penuntun bagi kapal dalam menentukan arahnya. Kapten kapal harus berserah total dan taat pada petunjuk yang diberikan oleh petugas di mercusuar kepadanya, kalau tidak ingin kapalnya salah jalur dan menabrak batu karang. Selama kapten kapal masih teguh pada pendiriannya sendiri, maka petunjuk dari petugas di mercusuar tidak akan berarti apa-apa.

Demikian juga dalam hidup kita, kunci untuk kita bisa menangkap dan mengikuti sinyal Roh Kudus adalah berserah total dan taat. Kalau kita masih berpegang pada pendapat kita, keinginan kita, kemauan kita sendiri, maka sinyal dan petunjuk Roh Kudus tidak akan berarti apa-apa dalam hidup kita. Kita bisa melihat bagaimana Rasul Paulus begitu berserah total kepada petunjuk dan kemauan Roh Kudus, sehingga ia menganggap dirinya sebagai seorang ’tawanan’ Roh. Tidak heran jika Tuhan membawa Paulus dalam perkara-perkara yang begitu besar dan ajaib dalam hidupnya. Hari ini, ambillah keputusan untuk menyerahkan seluruh keinginan dan kehendak Anda untuk taat sepenuhnya dan mengikuti kehendak Roh Kudus dalam hidup Anda.

RENUNGAN

Kunci menangkap dan mengikuti sinyal Roh Kudus adalah BERSERAH TOTAL DAN TAAT.

APLIKASI

Penyerahan total seperti apa yang harus Anda ambil supaya bisa menangkap dan mengikuti sinyal Roh Kudus ?

DOA UNTUK HARI INI

Ajar kami untuk berserah total kepada-MU yang Tuhan, sehingga kami bisa mengikuti dan taat terhadap setiap petunjuk yang Engkau berikan kepada kami. Kami percaya petunjuk-MU akan menuntun kami masuk dalam kemuliaan demi kemuliaan yang luar biasa dalam hidup kami. Terimakasih Tuhan. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

II Samuel 13-15