BIJAKSANA DALAM MENGELOLA WAKTU

RHEMA HARI INI

Amsal 24:33 “Tidur sebentar lagi, mengantuk sebentar lagi, melipat tangan sebentar lagi untuk tinggal berbaring,”

“Aduh, sudah jam 10 kah ini?!” seru Wiwin, dengan tergesa ia berpamitan dengan teman-temannya. Sudah satu jam lebih mereka chatting seru di grup WhatsApp, setelah sebelumnya Wiwin membuka-buka media sosialnya yang lain. Wiwin langsung pergi berbelanja dan memasak untuk keluarga, tetapi karena sudah kesiangan, anaknya sudah merengek kelaparan sebelum Wiwin selesai memasak. Panik dan terburu-buru, Wiwin malah memarahi anaknya. Anaknya kesal dan berkomentar,”Chatting aja terus ma, tidak usah masak.” Meski sempat memelototi anaknya, Wiwin sebenarnya merasa bersalah, sebab tidak sekali dua kali ia terlalu asyik dengan ponselnya, sehingga melalaikan kewajibannya sebagai ibu rumah tangga.

Mengatur waktu dengan baik, memang memerlukan sebuah usaha dan komitmen. Terkadang kita mempunyai hobi yang sulit untuk kita tinggalkan atau pekerjaan yang jadwalnya begitu padat. Seringkali kita mengorbankan waktu untuk keluarga karena menganggap keluarga kita toh selalu ada. Jika tidak, kita mengorbankan waktu istirahat atau tidur kita. Tetapi sadarkah kita jika sudah kelelahan atau kurang tidur, kita akan mudah kesal dan yang menjadi korban tentunya keluarga terdekat kita juga.

Tuhan Yesus sendiri memberi teladan dengan menggunakan waktu pelayanan-Nya yang hanya 3.5 tahun dengan sangat efisien. Dengan segera Ia memilih orang-orang yang kemudian kita kenal dengan rasul-rasul, untuk dimuridkan dan menjadi penerus Amanat Agung. Tujuan pelayanan-Nya pun sangat terarah dengan petunjuk Roh Kudus, sehingga setiap daerah yang Ia kunjungi berhasil dimenangkan. Oleh sebab itu, mintalah pertolongan Roh Kudus, agar kita bisa menggunakan waktu kita dengan bijaksana dan tidak menghambur-hamburkannya untuk hal yang sia-sia. Hiburan boleh saja, tetapi kita tetap harus ingat akan tujuan Tuhan atas hidup kita. Mari belajar untuk menentukan prioritas yang benar, sehingga waktu hidup kita sungguh menjadi berkat bagi Kerajaan Allah, keluarga kita dan bagi sesame.

RENUNGAN

Orang yang TIDAK BIJAKSANA, menghambur-hamburkan waktu untuk HAL YANG SIA-SIA.

APLIKASI

1. Menurut Anda, sudahkah Anda menggunakan waktu Anda dengan bijaksana?
2. Dalam hal apa saja yang biasanya menghamburkan waktu Anda dengan sia-sia?
3. Apa komitmen Anda agar dapat lebih bijaksana dalam mengelola waktu Anda?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, ampuni jika kami telah menghambur-hamburkan waktu untuk hal yang sia-sia. Tolong kami Tuhan, untuk menggunakan waktu sebaik mungkin, sehingga kehendak-Mu yang sempurna dapat tergenapi di hidup kami dan nama-Mu semakin dipermuliakan. Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus, kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!